Anggota Baru KSR PMI Unit PGSD Tegal Ikuti Simulasi Bencana

  Rabu, 16 Januari 2019   Lilisnawati
Anggota KSR PMI Unit PGSD Tegal mengikuti simulasi menolong korban bencana. (Lilisnawati/ayotegal)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM- Korps Sukarela (KSR) PMI Unit PGSD Tegal Universitas Negeri Semarang menggelar simulasi bencana banjir, Rabu (16/1/2019) di lapangan PGSD Tegal Unnes. Simulasi tersebut merupakan acara puncak kegiatan Diklatsar yang berlangsung sejak tanggal 14 Januari 2019, yang diikuti anggota baru KSR PMI Unit PGSD Tegal.

Arfian Pengkuh Maulana, selaku Ketua KSR PMI unit PGSD Tegal FIP Unnes mengatakan pada simulasi tersebut peserta dihadapkan langsung pada kondisi bencana banjir yang menyebabkan adanya korban jiwa dan kerusakan pada sarana prasarana di sekitar kejadian. 

Peserta yang terdiri dari 85 peserta ini dibagi menjadi beberapa tim sesuai dengan tugasnya masing-masing. Beberapa tim diantaranya adalah tim assessment yang terjun langsung ke lokasi bencana untuk menilai kondisi serta mengumpulkan data dan informasi.

Tim triage yang mengelompokkan korban berdasarkan kondisinya. Tim pertolongan pertama dan evakuasi yang memindahkan korban ke tempat yang lebih aman serta memberikan penanganan terhadap cidera pada korban.

Tim dapur umum yang mambantu memenuhi kebutuhan pangan. Psycosocial Support Programme (PSP) yang bertugas memulihkan kondisi kejiwaan korban. Restoring Family Links (RFL) yang memulihkan hubungan keluarga yang terputus akibat bencana, tim logistik yang mengelola barang dan bantuan, serta ada pula tim pelayanan kesehatan, tim ambulance, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, Tim pelatih dari PMI, Hadi Purwanto menyampaikan bahwa dalam selimuasi tersebut meliputi tiga tahap yakni tahap pra bencana, tanggap darurat bencana dan pasca bencana. 

"Jadi semuanya peserta tau, apa yang harus dilakukan sebelum bencana, tanggap darurat bencana dan pasca bencana. Semua kita praktikan dalam Diklatsar ini," ucapnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar