Mengenal Sosok Dalim, Aktor Tegal yang Dikenal di Kancah Nasional

  Minggu, 20 Januari 2019   Lilisnawati
Dalim Tegal. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM--Masyarakat Kota Kota Tegal dan sekitarnya pecinta film Tegalan pastinya tidak asing ketika mendengar nama Dalim Tegal.

Dalim merupakan salah satu tokoh yang sering diperankan oleh Slamet Ambari, aktor kelahiran Tegal 1964 itu sudah memerankan banyak tokoh dalam film pendek Tegalan. Di antaranya yang paling hits yaitu film pendek yang berjudul "Dalim Tegal Maritim".

Dari situ lah ia mulai diajak bermain film layar lebar pertamanya yang berjudul "Turah", film berbahasa Tegalan yang diputar di bioskop-bioskop Indonesia pada tahun 2017 lalu. Memerankan tokoh Jadag, ia berhasil meraih penghargaan sebagai aktor terbaik dalam Festival Film Tempo dan beberapa nominasi yang lainnya.

AYO BACA : Setelah Film ''Titik Balik'', Lanang Luncurkan Album Sajak Tegalan

Dan yang lebih membanggakan pada tahun 2017, film yang dibintanginya masuk dalam nominasi Oscar sebagai film berbahasa etnik namun sayang belum bisa membawa Piala Oscar.

Setelah berhasil memerankan tokoh Jadag dalam film "Turah", kini kemampuan aktinya mulai dilirik oleh beberapa sutradara film layar lebar tanah air. Diantaranya, film Nini Thowok, Tusuk Jailangkung, Kafir, Pasung, Titisan, dan Undar.

"Pada bulan Februari dan Maret rencanya saya akan diajak main film layar lebar lagi," katanya kemarin.

AYO BACA : Ngobrol Jazz Bersama Trie Utami di Slawi

Kemampuan nya dalam berakting tentu tidak diragukan lagi, karena memang kesehariannya berkecimpung dalam dunia teater sudah 30 tahun. Meski hanya sebagai pemeran pendukung, namun keberadaan aktor Tegal dalam industri perfilman nasional patut diacungi jempol karena sudah berhasil mengangkat nama Kota Tegal dalam dunia perfilman nasional.

Terlepas dari itu, bapak lima orang anak ini mengaku perjalanan dalam berkarir menuai lika-liku, dari mulai honor yang sangat murah, hanya dijanjikan bermain film dan sebagainya. "Meminta honor Rp500.000, untuk satu judul film lokal pun mereka keberatan," tuturnya.

Meskipun begitu, sebagaimana disampaikan Manager Dalim, Retno Kusrini, seiring berjalannya waktu kehidupan ekonomi nya mulai membaik. Dari mulai bisa membeli pakaian baru dan juga bisa merasakan makan enak. "Karena sebelum ini, dia makan cuma pakai garam," ucapnya.

Sebagai orang yang menggantungkan nasibnya dalam berakting, ia berharap kehidupannya semakin baik lagi.

AYO BACA : Warteg Literasi, Warung Baca 24 Jam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar