502 Unit Rumah Tidak Layak Huni Siap Direhab

  Senin, 11 Februari 2019   Lilisnawati
Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Tegal. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM--Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Tegal segera merehab 502 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Tegal.

Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Nining Supartin menyampaikan bahwa jumlah tersebut terdiri dari 323 unit akan dikerjakan dengan dana APBD, 300 disalurkan melalui Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Kelurahan (APIK) dan 23 melalui Pokir.

AYO BACA : 20 Unit Rumah Tidak Layak Huni akan Direhab Baznas Kota Tegal

Sementara 179 unit merupakan tambahan dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sehingga total yang akan dikerjakan sebanyak 502 unit.

Dikatakan Nining, besaran bantuan RTLH berbeda-beda, untuk dana APBD sebesar Rp10 juta sedangkan APBN melalui dana DAK sebesar Rp17,5 juta. Berupa matrial Rp15 juta dan Rp2,5 juta untuk upah tenaga kerja. 

AYO BACA : 1.161 Rumah Tidak Layak Huni Direhab di 2018

"Bantuan RTLH kita prioritaskan di wilayah yg terdeliniasi  kumuh. Supaya segera dientaskan, karena peningkatan kualitas kawasan kumuh baik skala lingkungan maupun skala kawasan menjadi prioritas," papar Nining.

Selain itu, penanganan RTLH diseluruh wilayah Kota Tegal perlu mendapat perhatian karena awal tahun 2019 ini pemkot masih mempunyai target penanganan sebanyak 1.521 unit sesuai database kota Tegal dan 1.630 unit data base BPDT yang semua perlu mendapatkan penanganan RTLH segera.

Adapun bantuan RTLH, kata Dia, harus memenuhi beberapa kriteria yaitu syarat fisik dan syarat administrasi diantaranya syarat fisik ALADIN (atap lantai dan dinding) serta syarat administrasi diantaranya mempunyai bukti kepemilikan yang sah ,rumah tidak dalam sengketa dan berdomisili di Kota Tegal dan diperuntukan bagi masyarakat bepenghasilan rendah dan berpotensi untuk roboh.

AYO BACA : Korban Rumah Roboh di Kelurahan Kraton Terima Bantuan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar