Perpusda Mr. Besar Segera Miliki Pojok Baca Bagi Penyandang Disabilitas Netra

  Jumat, 01 Maret 2019   Lilisnawati
Kepala Perpustakaan Daerah Mr. Besar Martokoesoemo menunjukkan buku-buku Braille, Jumat (1/3/2019). (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, dalam waktu dekat Perpustakaan Mr. Besar Martokoesoemo akan meluncurkan pojok baca bagi penyandang disabilitas netra. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Arpusda Kota Tegal M. Afin, Jumat (1/3/2019).

"Pojok baca bagi disabilitas netra akan kita luncurkan paling lambat pada April 2019 mendatang, dan rencananya akan diresmikan oleh Wali Kota," kata dia. 

Inovasi ini, menurut Afin, hasil kerja sama Perpusda Mr. Besar Martokoesoemo dengan Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI).

"Kita akan memberikan ruangan khusus yang akan kita beri nama Pojok Baca Braille yang diperuntukkan untuk para penyandang disabilitas netra," jelas Afin.

Dia menambahkan, akan ada jalan dan komputer khusus bagi penyandang disabilitas netra.

Hingga kini, lanjutnya, buku yang sudah tersedia yaitu buku agama seperti Alquran braille, buku pengetahuan umum dan entrepreneur, dengan total jumlah 200 eksemplar. 

"Namun, untuk sementara kami belum mempunyai petugas yang akan mendampingi nantinya," tutur dia. 

Dia berharap keberadaan pojok baca ini mampu memberikan manfaat bagi mereka para penyandang disabilitas netra khususnya di Kota Tegal. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar