2.900 Nelayan di Brebes Diasuransikan

  Jumat, 22 Maret 2019   Dwi Ariadi
Bupati Brebes Idza Priyanti secara simbolik memberikan kartu asuransi nelayan. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

BREBES, AYOTEGAL.COM--Sebanyak 2.900 nelayan di Kabupaten Brebes diasuransikan oleh Pemkab Brebes. Asuransi ini merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Para nelayan  memiliki kartu asuransi nelayan Jasindo setelah diverifikasi Dinas Perikanan Kabupaten Brebes. Kartu asuransi nelayan diserahkan secara  simbolis oleh Bupati Brebes Idza Priyanti.

AYO BACA : Jabatan Kades 42 Desa di Brebes Kosong, Idza Tunjuk Penjabat Kades

“Kartu asuransi nelayan, memberikan banyak manfaat bagi kehidupan nelayan karena kartu ini berfungsi sebagai jaminan keselamatan ketika berlayar,” ujar Bupati saat Sosialisasi Daerah Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGaR) Satker Dinas Perikanan Kabupaten Brebes Tahun 2019 di Gudang Garam Desa Pangaradan Kecamatan Tanjung Brebes, Kamis (21/3/2019).

Idza menjelaskan, manfaat yang akan dirasakan antara lain apabila nelayan mengalami musibah pada saat melakukan aktivitas menangkap ikan hingga meninggal dunia akan mendapatkan nilai manfaat sebesar Rp200 juta. Kematian akibat di luar aktivitas penangkapan ikan mendapat nilai manfaat maksimal Rp160 juta.

AYO BACA : Pakai Knalpot Brong di Kampanye Bakal ‘Disemprit’

Kecelakaan yang mengakibatkan cacat permanen, mendapatkan nilai manfaat maksimal sebesar Rp100 Juta, dan masih banyak lagi manfaat yang didapatkan oleh nelayan pemegang kartu asuransi tersebut.

Namun demikian, Idza berpesan meski sudah memiliki proteksi diri berupa asuransi tersebut para nelayan diharapkan tetap mengutamakan keselamatan diri dalam melakukan aktivitasnya.

“Dalam bekerja, harus tetap utamakan keselamatan diri.Ingat di rumah ada keluarga yang menunggu,” ujar Idza disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes, Gatot Rudiono menambahkan, asuransi nelayan merupakan Program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat nelayan se-Indonesia.

Gatot menjelaskan, jumlah nelayan Kabupaten Brebes yang menerima manfaat dari program tersebut sejumlah 2.900 jiwa. Mereka tersebar di sepanjang wilayah Pantura Brebes dan sekitar Waduk Penjalin Paguyangan dan Waduk Malahayu Banjarharjo.

AYO BACA : Pengamat politik UPS Tegal: Dedy dan Jumadi Harus Hindari 'Tangan-tangan Hantu’

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar