Peran Ki Gede Sebayu sebagai Jurudemung Tegal

  Selasa, 26 Maret 2019   Lilisnawati
Balai Kota Tegal. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Bicara sejarah Tegal tidak akan lepas dengan peran Ki Gede Sebayu. Beliau merupakan Jurudemung (Demang) Tegal karena keberhasilannya memajukan wilayah Tegal. 

Sejarahwan Tegal, Yono Daryono, menyampaikan bahwa wilayah Tegal dulunya merupakan padang tegalan atau ladang yang subur yang terletak di tepi muara kali Gung dengan nama Tetegal. 

Kemudian, datanglah Ki Gede Sebayu ke wilayah Tegal. Melihat kesuburan tanah Tegal, ia tergugah dan mengajak penduduk sekitar meningkatkan hasil pertanian dengan memperluas lahan serta membuat saluran. 

Atas keberhasilannya itu, Ki Gede Sebayu kemudian diangkat oleh Bupati Pemalang menjadi sesepuh atau Jurudemung di wilayah Tegal. 

Berdasarkan buku Berdirinya Kota Tegal, pengangkatan Ki Gede Sebayu menjadi pemimpin dilaksanakan pada perayaan tradisional setelah menikmati panen padi dan hasil pertanian lain di bulan purnama tanggal 15 Sapar tahun EHE 988 yang bertepatan dengan Jumat kliwon.

Dalam perayaan tersebut, dikembangkan pula ajaran agama dan budaya yang mempengaruhi kehidupan masyarakat pada waktu itu. 

Keberhasilan Ki Gede Sebayu terlihat dengan semakin luasnya lahan pertanian dan semakin teraturnya sistem pengairan. Hasil pertanian melimpah, bukan hanya mencukupi kebutuhan sendiri namun dapat diperdagangkan ke daerah lain. 

Adanya interaksi perdagangan membuat wilayah Tegal mulai ramai sehingga terbentuklah kota. 

Hari, tanggal, dan tahun pengangkatan Ki Gede Sebayu menjadi pemimpin ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Tegal.

Nama Ki Gede Sebayu kini dijadikan nama jalan di Kota Tegal yang merupakan jalan di pusat Pemerintahan Kota Tegal. Selain itu, nama Ki Gede Sebayu juga dijadikan nama pendopo di Pemkot Tegal.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar