Mahasiswa FH UPS Tegal Berebut Piala Dekan 2019 dalam Debat Konstitusi

  Selasa, 26 Maret 2019   Lilisnawati
Peserta Debat Konstitusi Antar Mahasiswa Fakultas Hukum UPS Tegal, Selasa (26/3/2019).

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Fakultas Hukum (FH) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar Debat Konstitusi Antar Mahasiswa Fakultas Hukum Univeraitas Pancasakti Tegal, Selasa, (26/3/2019) di ruang MKU FH UPS Tegal.

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini merebutkan Piala Dekan 2019 dengan tema “Membangun Karakter Mahasiswa yang Berjiwa Pancasila melalui Debat Konstitusi di Era Milenial”.

Ketua Panitia Heri Setiawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang digelar FH UPS Tegal. 

"Tahun ini adalah tahun ketiga, yang diikuti 33 peserta dari mahasiswa FK Hukum dan dibentuk menjadi 11 tim, satu tim terdiri 3 orang," ucapnya. 

Menurutnya, tujuan debat tersebut untuk mencari bibit dan melatih mahasiswa FH untuk lebih bisa bersaing di ajang yang lebih tinggi. 

Dalam kegiatan tersebut, peserta akan merebutkan Piala Dekan 2019. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan uang pembinaan, Juara 1 mendapat Rp1 juta, juara 2 Rp750.000, dan juara 3 mendapat Rp500.000.

Sementara itu, Fajar Dian Ariyani selaku salah satu Juri mengatakan, lomba debat tersebut merupakan agenda rutin tahunan untuk menggali potensi mahasiswa agar mempunyai kemampuan berbicara, menganalisa khususnya dalam hal konstitusional. 

Adapun segi penilaiannya antara lain dari aspek penguasaan materi, kecakapan berbicara, penguasaan dasar-dasar hukum, konstruksi argumentasi serta kesopanan saat debat konsititusi. 

Ia berharap dengan adanya ini, dapat melahirkan mahasiswa FH yang cerdas cendekia, mumpuni, mempunyai bekal untuk terjun di masyarakat serta melatih mahasiswa untuk melakukan penghayatan terhadap konstitusi. 

"Juga untuk mempersiapkan mahasiswa untuk dapat mengikuti perlombaan debat konstitusi yang akan diadakan MK rutin setiap tahunnya," tutur dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar