Eratkan Sinergitas untuk Pemilu, UPS Tegal Siap Gelar Orasi Kebangsaan

  Rabu, 27 Maret 2019   Lilisnawati
Pengamat politik sekaligus ketua panitia Orasi Kebangsaan Diryo Suparto. (Istimewa)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Dalam rangka mengeratkan sinergitas dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang berintegritas, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal siap menggelar Orasi Kebangsaan.

Pengamat Politik sekaligus Ketua Panitia Diryo Suparto mengatakan, Orasi Kebangsaan yang akan di gelar pada Kamis (28/3/2019) ini akan menghadirkan Ketua Yayasan Pancasakti Tegal Imawan Sugiarto, Wali Kota Tegal dan Wakil Wali Kota Tegal, Bupati Tegal dan Wakilnya, tokoh-tokoh masyarakat, serta pengurus partai politik.

Menurutnya, Orasi Kebangsaan digelar agar akademisi aktif berkontribusi menyukseskan Pemilu. Karena akademisi, menurutnya, harus menjadi pisau analisis tentang fenomena politik.

"Akademisi tidak boleh alergi dengan politik," ujar dia.

Misalnya, kata dia, ketika masyarakat dirundung berita hoaks dan pesismistis dengan kondisi bangsa ini, akademisi mampu menjernihkan dan memompa optimisme masyarakat.

Menurutnya, akademisi adalah pihak yang menjadi refrensi masyarakat dalam menentukan pandangan politik. 

Selain itu, adanya acara ini ia berharap ada komitmen bersama menciptakan Pemilu yang berintegritas, bermartabat, dan berkualitas. 

"Artinya secara penyelenggara independen danh integritas, meminimalisir angka money politic, dan meningkatkan partisipasi pemilih serta menolak politik sara," jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar