Urus Dokumen Imigrasi Sekarang Bisa di Brebes

  Rabu, 27 Maret 2019   Dwi Ariadi
Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM,Ronny F Sompie menggunting pita Bupati Brebes, Idza Priyanti saat pembukaan kantor UKK Imigrasi. (dok Humas Pemkab Brebes)

BREBES, AYOTEGAL.COM--Mengurus dokumen keimigrasian kini bisa di Brebes. Masyarakat tak harus ke Pemalang. Pasalnya, Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang di Kabupaten Brebes telah resmi dibuka, Rabu (27/3/2019).

Peresmian dilakukan dengan penandatangan prasasti oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie dan pengguntingan pita melati bersama Bupati Brebes, Idza Priyanti. 

AYO BACA : Jabatan Kades 42 Desa di Brebes Kosong, Idza Tunjuk Penjabat Kades

Menurut Idza, pihaknya sudah sejak lama ingin mewujudkan mimpi masyarakat Brebes, Kabupaten dan Kota Tegal untuk memiliki kantor Imigrasi di Kabupaten Brebes. Walaupun masih berupa UKK, tapi hampir setiap tahun masyarakat Kabupaten Brebes membutuhkan pelayanan publik, seperti umroh dan lainnya.

"Ini merupakan sebagian kecil hasil karya kita kepada masyarakat, yang membutuhkan pelayanan publik," katanya.

AYO BACA : 269 ASN di Brebes Ikuti Sosialisasi Pembayaran Tunjangan Hari Tua

Dengan adanya UKK Imigrasi, lanjut Idza, masyarakat Brebes akan lebih mudah dan efisien dalam kepengurusan paspor, izin tinggal terbatas dan kepengurusan lain.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie mengatakan UKK imigrasi ini tidak terwujud jika Pemkab Brebes tidak memberikan apresiasi.

Selain itu, adanya UKK di Kabupaten Brebes tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat yang akan mengurus paspor, namun juga memberikan pelayanan bagi Warga Negara Asing (WNA) baik wisatawan asing ataupun calon investor maupun Tenaga Kerja Asing untuk mendapatkan visa dan izin tinggal terbatas (ITAS). Bahkan, bisa izin tinggal tetap sesuai kebutuhan.

"Mudah-mudahan nantinya bisa ditingkatkan sebagai Kantor Imigrasi. Jika dibandingkan dengan Kabupaten Muara Enim Sumatra Selatan dilihat sisi letak strategisnya, Kabupaten Brebes. Juga bisa lebih besar dibandingkan dengan Kabupaten Batang," jelasnya.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM beserta Bupati Brebes didampingi jajaran Forkopimda melakukan peninjauan fasilitas kantor. Satu persatu ruang kerja ditinjau dan ditanyakan secara detail kepada para petugas.

AYO BACA : Satlinmas Brebes Gelar Apel Siaga Kesiapan Pemilu 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar