Tim WP Gelar Entrepreneurship Great Talk di Musrenbang Kabupaten Tegal

  Kamis, 28 Maret 2019   Dwi Ariadi
Wakil Bupati Sabilillah Ardi menyerahkan penghargaan stand terbaik kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Khofifah didampingi Sekda Widodo Joko Mulyono dan Kepala Bappeda Harmanto dalam Musrenbang, Kamis (28/3/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM—Tim Wirausaha Pemuda (WP) mengadakan Entrepreneurship Great Talk dalam rangkaian acara Musrenbang 2019 Kabupaten Tegal, di Taman Rakyat Slawi Ayu, Kamis (28/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie menyatakan keseriusannya dalam menggarap program Kewirausahaan Pemuda di Kabupaten Tegal.

"Setiap jengkal wilayah Kabupaten Tegaladalah potensi.Pemudanya disentuh sedikit saja langsung take off," ujarnya.

Ardie membuktikan lewat roadshow ke kecamatan ternyata pemuda kabupaten tegal didorong sedikit saja larinya sudah kencang.

Dalam kegiatan ini, dia meminta perwakilan kementerian yang hadir, bersinergi menciptakan ekosistem wirausaha. 

Sementara itu, Asisten Deputi Kepemudaan Kemenko PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Alfredo Sani Fenat mengatakan, pemuda butuh ekosistem untuk berkembang, butuh ruang berkreasi untuk berinovasi. 

''Tidak gampang menyatukan mereka, karena pemuda itu berada di lintas sektoral. Kita di pusat banyak bicara konsep, realisasinya ada di daerah," kata alfredo.

Ia juga mengapresiasi langkah Ardie karena di Kabupaten Tegal bisa menyatukan persepsi pemuda di lintas sektoral.

Ke depan, lanjut dia, pihaknya akan mendorong sepenuhnya agar Kabupaten Tegal menjadi model rintisan kewirausahaan pemuda.

Kepala Biro Perencanaan Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi mengatakan, pemerintah pusat ke depan akan fokus pada pengembangan SDM.

Menurutnya, SDM mereka juga harus ditingkatkan, untuk membentuk disiplin wirausaha.

Ia mengaku di Kementerian Koperasi dan UKM mengalokasikan lebih dari 30 persen untuk pengembangan SDM.

Zabadi, Deputi Bidang Perlindungan BNP2TKI Anjar Prihantoro Budi Winarso menambahkan, era ke depan adalah era sumber daya manusia, ''Jangan anggap enteng usaha kecil, karena bisa menjadi efek luar biasa.''

Acara dilanjut dengan diskusi panel yang dipandu Ketua Tim WP Setya Teguh Yuwana. Selain perwakilan kementerian juga hadir Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih yang membakar semangat pemuda Kabupaten Tegal untuk berwirausaha.

''Apalagi di era teknologi informasi sekarang sangat terbuka lebar. Orang berprestasi tidak lagi dibatasi wilayah desa apa perkotaan, bahkan negara sekalipun,'' kata Fikri.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar