Resmi Perkuat Pengamanan Pemilu, Satlinmas Harus Netral

  Selasa, 02 April 2019   Dwi Ariadi
Bupati Tegal Umi Azizah bersama Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto hadir dalam Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2019. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM—Satlinmas Kabupaten Tegal secara resmi bergabung dalam pengamanan Pemilu 2019. Penyerahan peran dilakukan melalui Apel Gelar Pasukan di lapangan Kantor Setda, Selasa (2/4/2019).

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, petugas linmas salah satu petugas yang dapat masuk di dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Satlinmas akan menjadi petugas yang melekat di setiap TPS. Untuk itu, dalam acara penyerahan Satlinmas dari Pemkab Tegal kepada Polres Tegal itu, Umi Azizah mengharapkan para Satlinmas dibekali kemampuan dan pengetahuan tentang pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Artinya dengan dibekali pengetahuan, teman-teman Satlinmas mampu menghadapi situasi yang akan terjadi sehingga hari pelaksanaan pilpres berjalan dengan lancar,” papar Umi.

Apel yang diikuti oleh jajaran TNI-POLRI dan Satlinmas ini, menurut Umi, merupakan wujud kebersamaan masyarakat dengan TNI-POLRI serta pemerintah daerah. 

Dengan demikian, pengamanan penyelenggaraan Pemilu 17 April nanti tidak hanya dilakukan oleh jajaran TNI dan Polri, melainkan dari Satlinmas. 

Umi berharap, Satlinmas dapat bersikap netral dan tidak memihak.

''Karena Satlinmas merupakan perpanjangan tangan Pemerintah, yang berwenang menciptakan kondisi aman dan kondusif di wilayah masing-masing," tegas Umi.

Selain itu, Satlinmas diminta  tidak ikut terlibat dalam proses kampanye, baik calon anggota legislatif maupun calon presiden. 

“Satlinmas jangan sampai mempengaruhi sikap politik warga dalam memberikan hak suaranya. Junjung tinggi tanggung jawab demi terjaganya kondusifitas Pemilu 2019,” pungkas Umi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar