Asyik, Pelajar SMK NU Slawi Gemar Belajar Membatik

  Kamis, 04 April 2019   Dwi Ariadi
Wakil Bupati Sabilillah Ardie ikut membaur bersama pelajar SMK NU Slawi di Alun-Alun Hanggawana, Kamis (4/4/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM—Memegang canting, menorehkan bahan ke dalam kain hingga membuat pola batik yang cantik memberikan kesan tersendiri bagi belasan pelajar SMK NU Slawi dalam belajar membatik di Alun-Alun Hanggawana, Kamis (4/4/2019). 

Selain belajar teknis membatik, mereka juga diperkenalkan oleh perajin batik Tegalan, Nur Anisa Amini, dari Sanggar Petik, Tegalandong, soal seluk beluk Batik Tegal.

Seorang siswa, Zahrotul Aliyah, mengaku ingin sekali bisa membatik.

“Pengin banget bisa membatik. Pegang canting kemudian menorehkan ke kain itu kelihatan asyik dan ternyata memang mengasyikkan,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Irfan Indra. Dia mengaku tidak kenal batik Tegal sama sekali.

''Dengan ikut kegiatan ini, jadi saya tahu jenis batik dan cara pembuatannya,” ujarnya.

Adapun Nur Anisa mengatakan, ada tahapan teknis yang bisa dipelajari untuk segmentasi pelajar.

"Yang pasti semua objek itu bisa dijadikan motif batik, entah itu hewan atau alam. Namun, yang membedakan penggunaan ukuran cantingnya. Ukuran makin kecil untuk motif yang rumit,” jelasnya.

Sekretaris Tim Wirausaha Pemuda (WP) Kabupaten Tegal Diana Wanti mengatakan, pelatihan belajar membatik itu merupakan rangkaian dari Festival Inovasi Wirausaha. Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sabilillah Ardie juga menyempatkan diri bergabung dengan para pelajar ikut mencoba pegang canting dan belajar membatik.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar