Gedung DPRD dan Menara PDAM akan Jadi Cagar Budaya Pertama di Kota Tegal

  Kamis, 04 April 2019   Lilisnawati
Gedung DPRD Kota Tegal, salah satu gedung yang akan ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tegal. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM—Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal dan Gedung Menara PDAM Kota Tegal segera ditetapkan menjadi cagar budaya yang pertama di Kota Tegal. Hal itu disampaikan Kabid Kebudayaan Kota Tegal Dinar Marnoto, Kamis (4/3/2019).

Penetapan tersebut, kata Dinar, setelah keduanya diajukan untuk diverifikasi dan sudah direkomendasi oleh tim ahli menjadi cagar budaya.

"Kini kita menunggu penandatangan SK dari Wali Kota Tegal untuk penetapannya," ucapnya.

Selain kedua bangunan tersebut, pihaknya juga telah mendata jumlah bangunan yang diindikasi menjadi cagar budaya. 

"Total ada 36 bangunan maupun tempat yang diindikasi menjadi cagar budaya. Dua di antaranya telah diverifikasi," ujarnya.

Bangunan-bangunan tersebut antara lain Gedung Lanal Tegal, Stasiun Kereta Api, Kantor Pos Tegal, Musala Pesengkongan, Pringgitan, Pendopo Balai Kota Tegal, Rumah Sakit Kardinah, dan SMPN 1 Tegal. 

Di tahun ini, lanjut dia, pihaknya berencana mengajukan tiga bangunan untuk diverifikasi oleh tim ahli untuk dijadikan cagar budaya. 

"Kita akan ajukan tiga bangunan terutama bangunan milik Pemkot Tegal yakni SMPN 1 Tegal," ujarnya. 

Dikatakan Dinar, di antara bangunan tersebut, ada beberapa bangunan yang sudah mengubah bentuk aslinya. Salah satunya Masjid Agung Kota Tegal. Menurutnya, apabila 20 persen ke atas bangunan tersebut sudah mengubah bentuk keasliannya maka tidak bisa diverifikasi oleh tim ahli. 

"Mereka tidak mau memverifikasi. Maka upaya kita yaitu akan menyiapkan dan melengkapi dengan informasi dokumentasi bangunan tersebut dari masa ke masa serta menambahkan informasi kesejarahan sehingga nilai sejarah dari bangunan tersebut tetap ada," tuturnya. 

Setelah ditetapkan menjadi cagar budaya, ia berharap keaslian bangunan tetap terpelihara meski fungsinya sudah berubah dan nilai sejarah dan artsitektur bisa menginsipirasi masyarakat terutama generasi muda. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar