Kampanye di Banyumas, Jokowi Singgung Rencana Tol Brebes-Banyumas-Cilacap

  Kamis, 04 April 2019   Dwi Ariadi
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) didampingi istri Iriana Joko Widodo menyapa pendukung ketika menuju lokasi kampanye terbuka di GOR Satria Purwokerto, Kamis (4/4/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

PURWOKERTO, AYOTEGAL.COM--Guna membuka jalur transportasi antara wilayah utara dan selatan Pulau Jawa, sudah ada rencana besar membuat jalan tol Brebes-Banyumas-Cilacap. Jalan tersebut kemudian disambungkan dengan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasik) yang terhubung hingga Banyumas.

Hal itu disampaikan calon presiden petahana Joko Widodo saat kampanye di lapangan Sasana Mandala Krida, GOR Satria Purwokerto, Kamis (4/4/2019). Hadir dalam kegiatan itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir.

Menurut Jokowi, khusus untuk meningkatkan mobilisasi barang akan ada pembangunan double track Kereta Purwokerto-Kroya dan Bandara Purbalingga yang ditargetkan rampung akhir 2019. Hal lain, lanjut dia, perkembangan rencana pembangunan Tol Ajibarang-Purwokerto.

"Tak hanya tol, seperti di Tegal saya berharap masyarakat bisa mendapatkan kegunaan dari Bendung Jatinegara di Kabupaten Tegal. Untuk para nelayan, penataan kawasan nelayan Tegalsari Kota Tegal yang tuntas tahun lalu bisa meningkatkan pendapatan para nelayan," ujar Jokowi seperti rilis yang diterima Ayotegal.

AYO BACA : Kirab Api Cinta dari Repnas untuk Jokowi-Ma'ruf Tiba di Slawi

Dalam kunjungan terakhirnya di Brebes, selain mengungkapkan tentang pentingnya kebutuhan akan infrastruktur sebagai fondasi bagi kemajuan dan mendukung perpindahan manusia, serta memperlancar kebutuhan masyarakat.

Jokowi juga mengingatkan akan keberadaan Bendungan Kuningan yang mengairi lahan sawah seluas 2.000 hektare di Jangkelok, Kabupaten Brebes. Termasuk juga normalisasi Sungai Pemali, Kabupaten Brebes senilai Rp200 miliar.

"Karena semua infrastruktur sudah dibangun dan disiapkan, maka untuk selanjutnya dan masa depan, saya akan terus fokus pada pembangunan manusia, dimulai dari kebutuhan dasar, melalui Kartu Sembako Murah. Kartu Indonesia Pintar untuk Kuliah, dan Kartu Pra-Kerja," ucapnya.

Khusus di Tegal dan Brebes, Jokowi ingin sekali memberdayakan generasi muda di dua kabupaten tersebut untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi Kartu Pra-Kerja.

Hal itu bertujuan agar para pelajar, terutama melalui SMK di Tegal dan Brebes, bisa mendapatkan materi-materi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan di wilayah tersebut. "Contoh, lulusan SMK Tegal harus diberikan pelatihan yang tepat sehingga bisa terserap di proyek PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu) Margasari," tandas Jokowi.

AYO BACA : JKSN Dideklarasikan di Kabupaten Tegal, Khofifah Yakin Jokowi-Ma'ruf di Atas 20%

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar