Gedung Lanal Jadi Bukti Pesatnya Ekonomi Kota Tegal Zaman Kolonial

  Jumat, 05 April 2019   Lilisnawati
Gedung Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal di Jalan Proklamasi, Tegalsari, Kota Tegal. (Lilisnawati/ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Keberadaan Gedung Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal di Jalan Proklamasi, Tegalsari, Kota Tegal, ternyata menjadi bukti pesatnya perkembangan ekonomi di Kota Tegal pada masa kolonial. 

Berdasarkan buku Profil Bangunan Cagar Budaya Kota Tegal tahun 2013, Tegal merupakan salah satu wilayah yang pesat dengan perniagaan. Pada abad XIX wilayah ini telah memiliki perkebunan yang menjanjikan dan memiliki beberapa kawasan industri gula berpusat di Pangkah, Pagongan, Kemanglen, Balapoelang, Doekoehwringin, Kemantran, dan Adiwerna.

Berjayanya industri gula mendorong perkembangan infrastruktur di wilayah Tegal. Tegal kemudian oleh pemerintah kolonial dijadikan sebagai gementee (setingkat kotapraja) pada 1906, berdasarkan Staatsblad No 123, tertanggal 1 April 1906.

Bangunan berciri khas Eropa klasik dan monumental tersebut dibangun pada 1914. Gedung pernah digunakan sebagai kantor N.V Handelsbank amatschappij, sebuah lembaga perbankan yang berkaitan dengan pendanaan pada sektor perkebunan. 

Kemudian pada 1960 dipakai untuk Pangkalan Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) dan sekarang menjadi Lanal Tegal. 

Ciri khas Eropa klasik pada bangunan ini ada pada bagian pintu masuk yang di atasnya menyerupai kastil Eropa. Bangunan ini juga disesuaikan kondisi di daerah tropis yaitu dengan banyaknya ruang ventilasi dan jendela yang tinggi sehingga menciptakan keteduhan di dalam ruangan.

Berada di atas tanah seluas 2.970 meter, bangunan Lanal Tegal memiliki luas bangunan 1.069,2 meter dengan panjang 59,40 meter, lebar 18 meter dan tinggi bangunan 8 meter. Gedung yang berada di jalan Proklamasi No.1, Kota Tegal ini membuktikan sejak masa kolonial Kota Tegal mempunyai medan magnet bagi ekonomi serta perniagaan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar