Brebes Canangkan Gabes Limun

  Rabu, 10 April 2019   Dwi Ariadi
Pencanangan Gerakan Bersama Peduli Imunisasi (Gabes Limun) di Gedung Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Brebes, Rabu (10/4/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

BREBES, AYOTEGAL.COM--Kabupaten Brebes telah mencanangkan Gerakan Bersama Peduli Imunisasi (Gabes Limun). Pencanangan dilakukan di Gedung Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Brebes, Rabu (10/4/2019).

Pencanangan dilakukan Bupati Brebes Idza Priyanti yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Mohammad Iqbal. 

AYO BACA : Saluran Irigasi Luwungragi Brebes Selesai Dinormalisasi

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati mengatakan program imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat yang terbukti paling efektif dan telah diselenggarakan di Indonesia sejak 1956.

Dengan program ini, Indonesia dinyatakan bebas dari penyakit cacar sejak tahun 1974. Dan mulai 1977, kegiatan imunisasi diperluas menjadi program pengembangan imunisasi (PPI) dalam rangka pencegahan penularan terhadap beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yaitu tuberculosis, difteri, pertusis, campak, polio, tetanus, hepatitis B, serta pneumonia.

AYO BACA : Urus Dokumen Imigrasi Sekarang Bisa di Brebes

"Saya berharap, pencanangan hari ini bukan sekadar seremoni. tapi harus ada semangat nunggal karep (semangat bersama) agar tujuan dari Gabes Limun ini dapat tercapai," harap Bupati.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, Kambali mengatakan, launching gerakan ini diharapkan terbentuknya Sinergitas antara Pemerintah dan Warga Masyarakat Brebes dalam penigkatan cakupan imunisasi  yang tinggi dan merata.

"Minimalnya terbentuk tim efektif dengan SK Kepala Dinas Kesehatan, tersedianya data dan peta cakupan Imunisasi menurut desa, terlaksananya koordinasi dengan stakeholder terkait dan terlaksananya konsultasi dan advokasi ke Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah," pungkasnya.

AYO BACA : 2.900 Nelayan di Brebes Diasuransikan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar