Mengenal Bekas Bangunan Hotel Stoork, Gudang Senjata Pendudukan Jepang

  Sabtu, 20 April 2019   Lilisnawati
Bangunan tua milik KODAM IV/Diponegoro yang berdiri di Jalan Proklamasi nomor 10 Kota Tegal merupakan bekas bangunan Hotel Stoork. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM—Bangunan tua milik KODAM IV/Diponegoro yang berdiri di Jalan Proklamasi nomor 10 Kota Tegal merupakan bekas bangunan Hotel Stoork.

Hotel Stoork merupakan salah satu hotel di Kota Tegal yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. 

Berdasarkan buku Profil Bangunan Cagar Budaya Kota Tegal, bangunan tersebut berdiri pada tahun 1929. Bangunan tersebut juga sempat menjadi asrama militer Koninklijk Nederland Indie Lager (KNIL).

Selanjutnya, pada masa pendudukan Jepang, gedung tersebut berganti menjadi markas kesatuan Kenpetai dan digunakan sebagai gudang persenjataan.

Menjelang revolusi kemerdekaan 1945, bangunan ini sempat diserang Laskar Perjuangan. Pada masa-masa status quo Jepang, terjadi pengambilalihan kekuasaan sekaligus pelucutan senjata terhadap pendudukan Jepang.

Hotel Stoork juga dijadikan penampungan balatentara Jepang sebelum dipulangkan melalui Jakarta. Setelah kemerdekaan tahun 1950-an, bangunan ini diokupasi oleh TNI Angkatan Darat yang pernah menjadi sebagai pemegang kas serta gabungan daerah KODAM IV/Diponegoro.

Sejak tahun 1980-an, gedung ini dijadikan sebagai asrama tentara hingga tahun 2008.

Selain Hotel Stoork, hotel yang sudah ada sejak masa kolonial di Tegal yakni Insuline, E. Cover, dan Jordan.

Banyaknya hotel di Tegal membuktikan bahwa Tegal menjadi wilayah perlintasan yang sibuk serta kawasan hunian yang dilintasi para pendatang.

Sementara itu, menurut Sejarahwan Pantura, Wijanarto, hotel Stoork saat pendudukan Jepang digunakan untuk gudang senjata. Pada bulan September 1945, markas tersebut pernah dikepung pemuda saat mereka meminta Jepang untuk menyerahkan kedaulatan dan persenjataan. 

"Dalam peristiwa tersebut, terjadi konflik pengepungan. Pemuda menggunakan bom molotov dan memakan korban yaitu satu pemuda asal Tegalsari," tuturnya.

Letaknya yang berdekatan dengan jalan Groote Postweg membuat hotel Stoork sangat strategis. Keberadaan Hotel sebagai tempat persinggahan bagi pendatang dirasakan cukup membantu mereka yang memerlukan akomodasi sementara waktu.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar