IKM Komponen Otomotif Tegal Pasok Produk ke Perusahaan Jepang

  Senin, 22 April 2019   Dwi Ariadi
Aktivitas IKM komponen otomotif di Tegal ketika mencoba cetakan yang siap dipasok ke perusahaan Jepang. (Dwi Ariadi/ayotegal)

SLAWI, AYOTEGAL.COM--Industri Kecil dan Menengah (IKM) komponen otomotif di Kabupaten Tegal menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Kemajuan tersebut ditandai dengan kesepakatan alih loading atau  pemberian pekerjaan dari PT Nandya Karya Perkasa (PT NKP), vendor pertama (tier 1) Agen Pemegang Merk (APM) produk-produk Astra Honda Motor (AHM), Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo saat Coffe Morning Bersama Bupati Umi Azizah dan Sekda Widodo Joko Mulyono, Senin (22/4/2019).

Menurut Toto, kesepakatan alih loading tersebut ditandai dengan dimulainya aktifitas trial dies (mencoba cetakan) oleh beberapa IKM Komponen otomotif di Kabupaten Tegal dengan disaksikan Tim PT NKP sebelum kemudian dilakukan  produksi secara massal.

"PT NKP saat ini mempunyai pabrik di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, dalam waktu dekat berencana merelokasi pabriknya ke Kabupaten Tegal, tepatnya di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang," ujarnya.

Dikatakan,  trial dies dilakukan selama tiga  hari,  4-6 april 2019 pada  5 IKM Tegal yg akan menjadi supplier PT NKP. Kelima IKM yang telah melakukan trial dies tersebut adalah PT. FNF Metalindo Utama di LIK Dampyak, PT Gaya Teknik Logam (PT GTL) di Desa Bengle, PT Sadiyah Cahaya Logam (PT SCL) di Desa Pesayangan, PT Tiga Bersaudara Manufaktur (PT TBM) di Desa Adiwerna, serta PT Karya Manunggal Manufaktur (PT KMM) di LIK Dampyak.

"Adapun masing-masing IKM memperoleh kepercayaan untuk memasok komponen otomotif pada PT NKP," ujarnya.

Dijelaskan, hal tersebut  sangat ditunggu-tunggu dan sangat menggembirakan karena IKM komponen otomotif di Kabupaten Tegal akan banyak merebut pangsa pasar dan menjadi bagian penting dari rantai pasok (supply chain) komponen industri otomotif di Indonesia. 

"Kami berharap dalam waktu tidak terlalu lama para IKM Komponen Otomotif di Kabupaten Tegal juga mampu menjadi pemasok komponen otomotif dari Toyota Motor. Belum lama ini tim dari Toyota Motor sudah melakukan penjajagan ke arah itu," tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar