Anggota KPPS Meninggal, KPU Terjunkan Tim Kesehatan Dampingi Petugas Pemilu

  Selasa, 23 April 2019   Dwi Ariadi
Ilustrasi. (Attia Dwi Pinasti).

SLAWI, AYOTEGAL.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal kini menerjunkan tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan pemeriksaan secara gratis kepada petugas Pemilu 2019.

Hal ini dilakukan setelah salah seorang anggota KPPS yang meninggal dan beberapa petugas Pemilu lainnya sakit karena kelelahan. 

"Kami merespons kejadian meninggalnya seorang anggota KPPS dan belakangan menyusul beberapa anggota PPS yang sakit karena kelelahan sehingga harus dirawat di rumah sakit," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, Nurokhman, Selasa (23/4/2019).

Tim kesehatan diterjunkan ke lokasi kegiatan tempat rekapitulasi data Pemilu di tingkat kecamatan. Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diberi layanan cek kesehatan secara gratis. 

"Memang kami mengakui untuk mencapai target waktu tahapan penghitungan di PPK, petugas telah bekerja keras sampai dinihari. Akibatnya banyak yang kelelahan," ujar Nurokhman.

Berdasarkan data yang diperoleh KPU, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Tegal, Himawan mengungkapkan, ada seorang anggota KPPS yang meninggal atas nama Susanto (65), warga Desa Pedagangan, Kecamatan Dukuhwaru, meninggal dunia sepulang dari tugas di TPS 08 Desa Pedagangan. 

"Yang bersangkutan sempat dirawat di RSI Muhammadiyah Singkil, Adiwerna," jelas Himawan.

Selain itu, lanjut Himawan, pihaknya juga menerima laporan dua petugas pemungutan suara (PPS) mengalami kecelakaan di jalan saat pulang menjalankan tugas. 

"Dua petugas PPS di Desa Dermasuci jatuh dari sepeda motor karena kelelahan. Mereka sedang dirawat di rumah sakit," paparnya. 

Menurut Himawan, kehadiran petugas medis melakukan pendampingan petugas Pemilu bertujuan agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar