GBugs Shelter Perkenalkan 7 Varian Kopi Java Slamet

  Senin, 29 April 2019   Dwi Ariadi
Barista Gbugs Shelter sedang meracik kopi untuk pelanggan di objek wisata Guci, Kabupaten Tegal. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

BUMIJAWA, AYOTEGAL.COM--Hasil produksi kopi di wilayah lereng Gunung Slamet, Kabupaten Tegal makin menggeliat.

Bahkan, sebuah kedai yang berada di area objek wisata Guci, yakni Gbugs Shelter kini berani meluncurkan 7 varian kopi asli lereng Gunung Slamet yang dibranding dengan nama ''Kopi Java Slamet''.

AYO BACA : Jonkopijon Andalkan Kualitas Cita Rasa Biji Kopi

Syamsul Fauzan, pemilik Gbugs Shelter mengatakan, ketujuh jenis kopi itu Kaligiri, Pagenteran, Sigedong, Gunung Sari, Dukuh Tengah, Pulosari,dan Dawuhan.

“Kebanyakan orang mengenal kopi populer itu seperti dari Gayo, Toraja, Temanggung. Tapi kopi dari lereng Gunung Slamet itu belum ada yang tahu kalau di sini itu ada kopinya. Padahal, kopi dari sini kalo soal rasa boleh bersaing,” kata Fauzan.

AYO BACA : Asyik, Nikmati Kopi di Lahan Kebun Jati

Dikatakan, salah satu ciri khas cita rasa kopi dari Kaligiri memiliki  taste yang balance antara manis dan asam.

"Biasanya ada kopi yang lebih cenderung asamnya atau manisnya. Kalo kopi dari kaligiri itu balance. Jadi orang awam pun bisa menikmati,” paparnya.

Menurut Fauzan, banyak tantangan dalam memperjuangkan Kopi Java Slamet, seperti masih sedikitnya ketersediaan kopi lantaran masih sedikit petani di yang menanam kopi dan memilih untuk menanam sayur-mayur, buah atau teh.

Meski demikian, untuk mengantisipasi hal tersebut, Fauzan sendiri telah mengadakan edukasi kepada petani tentang prospek kopi dan ia mengaku membeli kopi dari petani dengan harga yang pantas.

“Satu tahun ini kita edukasi ke petani, saya juga belajar perawatan dan pasca panen, lalu kita beli dengan harga wajar, tapi tergantung kualitas," pungkasnya.

AYO BACA : Plesiran ke Guci, Yuk Mampir Ngopi di Mamapi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar