Thoha Faz Bawa Matematika Detik ke Level Nasional

  Jumat, 10 Mei 2019   Dwi Ariadi
Ahmad Thoha Faz mengisi sebuah acara di Bogor Jawa Barat. (dok istimewa)

SLAWI, AYOTEGAL.COM--Hasil temuan dari seorang warga Kabupaten Tegal, Ahmad Thoha Faz, yakni ''Matematika Detik'' kini sudah merambah ke level nasional.

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2019 lalu, selama tiga jam penuh Thoha Faz memberi pelatihan kepada peserta Refresh Instruktur Nasional Guru Mafikibi (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi) Madrasah Aliyah di Bogor, Jawa Barat.

Bahkan, sebulan sebelumnya, tepatnya pada 6 April 2019, Matematika Detik juga menjadi materi pelatihan pada Sarasehan Literasi Sekolah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Pada waktu itu, Thoha tampil bersama Bintang Alam Semesta, yang dikenal sebagai juara kalkulus di beberapa kampus: ITB (juara 1), ITS (juara 2) dan UNJ (juara 1). Bintang adalah anggota tim.

AYO BACA : Mengenal Sosok Dalim, Aktor Tegal yang Dikenal di Kancah Nasional

"Sebenarnya fokus utama Matematika Detik adalah ditujukan bagi siswa kebanyakan,siswa di kuartal bawah, bukan segelintir siswa kelas olimpiade dan sejenisnya. Kehadiran Bintang turut memperkaya perspektif," kata lulusan Teknik Industri ITB, yang sehari-hari mengajar ilmu eksakta dari kelas 5 SD sampai prakuliah ini.

Menurut Thoha Faz, kali pertama Matematika Detik go national adalah pada awal tahun 2018. Pengurus pusat Perhimpunan Aparatur Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) menyelenggarakan seminar khusus Matematika Detik, dengan moderator Budiman Sudjatmiko (ketua umum Papdesi). Harapannya, Matematika Detik dapat diterjemahkan menjadi "Gerakan Berantas Gagap Hitung" dengan berbasis pada desa-desa.

Dikatakan, Matematika Detik tidak muncul tiba-tiba. ''Proses penemuannya sudah dimulai sejak 2007. Dimulai dengan perintisan Klinik Matematika di SMA Negeri 1 Tegal dan kemudian Sekolah Ilmu Eksakta (SIE),'' katanya.

Selanjutnya, pada tahun 2015, Matematika Detik menyabet juara 2 dari 2 peserta untuk bidang pendidikan pada lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) yang diadakan oleh Bappeda Kabupaten Tegal.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar