Harga Stok Pangan Stabil, Bawang Putih Turun Jadi Rp33 Ribu/Kg

  Senin, 13 Mei 2019   Dwi Ariadi
Tim Satgas Pangan Kabupaten Tegal melakukan survei harga di Pasar Trayeman, Slawi, Kabupaten Tegal. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM--Harga stok pangan di Kabupaten Tegal berangsur stabil, bahkan beberapa di antaranya cenderung turun.

Seperti yang terlihat di Pasar Trayeman, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Senin (13/5/2019).

AYO BACA : Pantau Harga di Pasar, Wali Kota: Harga Masih Stabil

Tim Satgas Pangan Polres Tegal, Bulog Subdrive 6 Pekalongan, Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan (DPKP) dan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) melakukan survei harga.

Harga bawang putih yang pernah melonjak sampai Rp52 ribu/kg kini sudah turun menjadi Rp33 ribu/kg.

AYO BACA : Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Pasar Pagi Kota Tegal Mulai Naik

Ningsih, seorang pedagang bawang putih mengatakan, turunnya harga bawang sejak Sabtu lalu, kini turun menjadi Rp33 ribu/kg.

Menurut Ketua Tim Satgas Pangan Polres Tegal, AKP Bambang Purnomo, penurunan harga bawang putih disebabkan karena barang dari importir sudah meluas di daerah-daerah, termasuk Kabupaten Tegal.

Dikatakan, kenaikan harga bawang putih dipicu karena minimnya produksi bawang putih dalam negeri beserta aktivitas impor yang sempat dihentikan pemerintah.

\"Pekan lalu, kami mendapatkan informasi kalau aktivitas impor bawang putih mulai berjalan namun belum tersebar ke pasar-pasar. Kini, harga bawang putih mulai turun di Kabupaten Tegal berkisar dari Rp35 ribu - Rp33 ribu per kilogram,\" ujarnya.

Harga komoditas lain juga sudah stabil dan cenderung turun. Telur ayam di pasaran mencapai Rp25 ribu/kg sampai Rp21.500/kg.

AYO BACA : Hari Kedua Puasa, Harga Cabai Makin Pedas

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar