Gondol Diesel Sawah, Komplotan Ini Diringkus

  Selasa, 14 Mei 2019   Dwi Ariadi
Para tersangka pencurian diesel sawah menunjukkan barang bukti di Mapolres Tegal. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM—Berakhir sudah aksi komplotan pencuri mesin diesel di sawah yang sudah meresahkan petani. Dengan barang bukti empat unit mesin diesel, komplotan ini tak berkutik ketika ditangkap petugas Satreskrim Polres Tegal.

Dari empat pelaku yang ditangkap, satu di antaranya yakni Wahyu Wardiyanto (35) warga Desa Sekarjalak, Kecamatan Margoyoso, Pati merupakan buronan alias masuk daftar pencarian orang (DPO) Polres Kudus. 

Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto melalui Kasatreskrim AKP Bambang Purnomo mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan oleh komplotan ini memang sudah direncanakan.

''Mereka bergerilya ke daerah pertanian seperti Demak, Kudus, Brebes, dan Tegal. Mereka menyisir area persawahan dan mencuri diesel milik Gapoktan yang tertinggal di sawah,'' kata Kasatreskrim.

Modus yang digunakan, lanjut Kasatreskrim, diesel dilepas dari bodi traktor yang kemudian dibawa kabur dengan menggunakan sepeda motor.

''Diesel kemudian dijual dan hasilnya dibagikan ke anggota kawanan ini,'' ujarnya.

Dari komplotan ini, pihaknya menyita empat unit mesin diesel berbagai merek dan satu unit sepeda motor yang digunakan untuk mengangkut diesel. 

Selain Wahyu, tersangka lain yang ditangkap Kastori (44), warga Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Brebes, Bambang Yuniarto (34) warga Desa Rengaspendawa, Larangan, Brebes dan Saswono (36), warga Dukuh Dawuhan Desa Wanatawang, Kecamatan Songgom, Brebes. 

Adapun tersangka Wahyu mengakui kalau dirinya merupakan DPO Polres Kudus dalam kasus yang sama. ''Bersama teman saya. Tapi dia belum tertangkap,''ujar dia. Adapun Kastori mengaku, hasil curian itu dijual satu unit sekitar Rp 3 juta yang kemudian dibagi empat orang.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar