Lebih Mudah, Pemkot Terapkan Bayar Pajak Daerah via Online

  Rabu, 15 Mei 2019   Lilisnawati
Launching dan Sosialisasi Sistem Pembayaran Pajak Daerah Kota Tegal Secara Online, Selasa (14/5/2019) sore, di Hotel Pesona Kota Tegal. (Lilisnawati/ayotgeal)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM -- Pembayaran pajak bagi wajib pajak di Kota Tegal kini lebih mudah, pasalnya Pemerintah Kota Tegal telah menerapkan pembayaran pajak daerah melalui online.

Kepala Bidang Pendataan, Penetapan dan Penagihan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Tegal Toat Hartono, menyampaikan, pembayaran pajak dengan sistem online ini sudah bisa digunakan untuk pajak bulan april 2019 yang belum dibayarkan.

Dengan begitu, bagi para wajib pajak sudah bisa mengisi Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) dengan cara online sebelum tanggal 15 setiap bulannya, melalui pajakdaerah.tegalkota.go.id. 

Sebelumnya, kata Toat, wajib pajak telah diberi username dan password oleh Bakeuda, untuk bisa masuk ke E-SPTPD. Selanjutnya, pilih objek yang akan dilaporkan. Di dalamnya tertera tahun pajak, masa pajak, dasar pengenaan atau omzet dan pajak akan terhitung secara otomatis. 

"Setelah mengisi E-SPTPD, akan mendapatkan kode bayar E-Billing. Selanjutnya tinggal melakukan pembayaran di bank Jateng, ATM atau mobile banking," tuturnya.saat Launching dan Sosialisasi Sistem Pembayaran Pajak Daerah Kota Tegal Secara Online, Selasa (14/5/2019) sore, di Hotel Pesona Kota Tegal.

Sementara itu, Wali Kota Tegal menyampaikan pembayaran dengan sistem online, selain mempermudah bagi wajib pajak, juga akan lebih mudah dalam mengontrol pendapatan dibidang pajak. Dengan sistem online tersebut, Pemerintah dapat mengontrol, bukan lagi perbulan, melainkan bisa mengontrol penerimaan pajak secara real time.

"Kontrol dan pengawasan bisa dilakukan setiap waktu, tidak bisa dimanipulasi, di-mark up atau di-mark down," terangnya.

Dedy Yon berharap Pemkot Tegal bisa bersinergi dengan wajib pajak dan akan berupaya mempermudah dalam pelayanan, khususnya dalam pembayaran pajak.

Senada dengan Wali Kota Tegal, Wakil Wali Kota Tegal, M. Jumadi menyampaikan pembayaran pajak dengan sistem online ini merupakan salah satu rintisan smartcity, yang tujuannya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. 
Dia berharap semua pengusaha kota Tegal bisa bersinergi dengan Pemkot Tegal. Karena pada prinsipnya pemerintah tidak mau mempersulit pengusaha.
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar