Menilik GTMC Polres Tegal, Respons Cepat Jika Arus Lalin Padat

  Sabtu, 08 Juni 2019   Dwi Ariadi
Petugas Satlantas Polres Tegal, Brigadir Agung memantau monitor di ruang GTMC Polres Tegal.(Dwi Ariadi/ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM -- Layar monitor terlihat menyala selama 24 jam di ruang Galawi Traffic Management Center (GTMC) Polres Tegal. Arus lalu lintas dari berbagai penjuru jalan raya, baik dari jalur jalan tol maupun reguler terpantau secara jelas.

Petugas Satlantas secara serius memantau monitor tersebut. Sembari menjelaskan titik-titik pemantauan, Brigadir Agung kepada ayotegal.com menunjukkan beberapa ruas jalur yang mulai dipadati kendaraan. 

''Ini jalan tol yang masuk wilayah Kabupaten Tegal relatif lancar dan beberapa rest area nampak pemudik sedang istirahat,'' katanya, Sabtu (8/6/2019).

Menurut Brigadir Agung, jika petugas melihat kepadatan arus di ruas jalan tertentu, maka pihaknya segera menghubungi petugas yang jaga di Pos Operasi Ketupat Candi (OKC) yang sudah ditentukan. ''Seperti sekarang ini ada kepadatan arus di pertigaan Yomani ke arah Guci, maka segera kita sampaikan agar ada langkah-langkah pengaturan,'jelasnya.

Sementara itu, Kasatlantas AKP Adiel Aristo mengemukakan, pada jam-jam terutama pada puncak arus balik ini pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas. Seperti halnya pemberlakuan one way di jalur tol berpengaruh pada kepadatan arus lalu lintas di jalur reguler.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan seperti pemberlakukan satu arah di  jalan raya Banjaran, Adiwerna. Penutupan jalur satu arah dimulai dari perempatan Langon, Slawi.

''Arus kendaraan roda empat dari arah selatan kita belokkan ke arah Trayeman untuk kemudian menuju ke arah jalan raya Ujungrusi,'' jelasnya. Hal ini terpaksa dilakukan untuk menghindari kemacetan di Pasar Banjaran, Adiwerna.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar