Satpol PP Angkut Gerobak PKL Bandel di Alun-alun Kota Tegal

  Rabu, 12 Juni 2019   Lilisnawati
Personel Satpol PP mengamankan gerobak PKL yang membuka lapak di kawasan Alun-alun Kota Tegal. (Lilisnawati/ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membokar paksa tenda dan mengamankan sejumlah gerobak milik pedagang kaki lima (PKL) bandel di kawasan Alun-alun Kota Tegal, Rabu (12/6/2019).

Kepala Satpol PP Kota Tegal, Joko Syukur, mengatakan penertiban tersebut dilakukan karena para pedagang telah melanggar Perda PKL nomor 3 tahun 2008 tentang penyelenggaraan PKL dan Perda nomor 9 tahun 2018 tentang penyelenggara Trantibum. Menurutnya, tujuan dari penertiban itu adalah sebagai upaya menjaga ketentraman dan ketertiban umum di lingkungan Kota Tegal. 

"Jadi kan PKL sudah diberi kebijakan oleh Pemkot untuk berdagang, harusnya bisa menaati peraturan yang ada. Misalnya sesudah berdagang lapak segera dibongkar dan gerobak segera pindahkan," tuturnya. 

Sebab, lanjut Joko, sudah ada kesepakatan antara Pemkot Tegal dengan PKL mengenai batas waktu berjualan di kawasan alun-alun, yakni pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB dan pukul 14.00 WIB sampai 22.00 WIB. 

"Di kawasan alun-alun sendiri kita berhasil mengamankan 17 gerobak, satu buah becak, puluhan meja makan, tenda dan lainnya. Barang bukti kita amankan dan akan kita beri teguran kepada memilik gerobak," ucapnya.

Dengan adanya penertiban seperti ini, diharapkan para PKL lebih menaati apa yang sudah disepakati dan bersama-sama menjaga keindahan wajah Kota Tegal.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar