Polres Tegal Kembangkan Pusat Pengendali Terpadu Berbasis Digital

  Rabu, 12 Juni 2019   Dwi Ariadi
Kasatlantas Polres Tegal AKP M Adiel Aristo menunjukkan monitor di ruang GTMC. (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM—Pengendalian operasional berbasis digital akan dikembangkan oleh Polres Tegal. Galawi Traffic Managemen Centre (GTMC) yang selama ini berfokus pada lalu lintas dikembangkan menjadi Galawi Traffic Managemen and Command Centre (GTMCC). Hal itu disampaikan oleh Kapores Tegal AKBP Dwi Agus Prianto, Rabu (12/6/2019).

''GTMCC ini akan memadukan pengendalian tidak hanya lalu lintas, tapi juga layanan kamtibmas yang lain termasuk pemantauan pusat keramaian dan daerah rawan bencana,'' kata Kapolres.

Guna mewujudkan GTMCC, menurut Kapolres, pihaknya akan melakukan penambahan kamera pengintai CCTV di sejumlah titik dam pemasangan GPS patroli kendaraan operasional anggota.

''Secara teknis, dari pusat pengendali secara cepat akan disampaikan kepada anggota yang ada di Polsek untuk kemudian dilakukan penanganan,'' jelasnya.

Sementara itu, Kasatlantas AKP M Adiel Aristo menambahkan, hingga sekarang GMTC sudah dilengkapi dengan 80 kamera CCTV. 

''Kami menargetkan sampai akhir tahun ini terpasang 100 kamera CCTV yang akan dipasang di tempat-tempat strategis,'' ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kasatlantas mempraktikkan cara kecepatan koordinasi dengan petugas yang ada di lapangan. Ketika terlihat dalam monitor ada kejadian, dari GTMC langsung disampaikan kepada petugas untuk dilakukan penanganan.

''Semua akan terkoordinasi dengan cepat, apalagi nantinya tidak hanya lalu lintas tapi juga kamtibmas,” tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar