Gurihnya Kupat Blengong, Kuliner Malam Khas Tegal

  Sabtu, 22 Juni 2019   Lilisnawati
Kupat Blengong. (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM—Selain kupat bongkok, satu lagi kuliner berjenis ketupat khas Tegal yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Tegal yakni kupat blengong. 

Kupat blengong merupakan kuliner ketupat yang disajikan bersama dengan sate blengong. Sate yang terbuat dari unggas hasil perkawinan antara bebek dan itik. 

Di Kota Tegal, kuliner ini cukup mudah ditemui. Sebab, kuliner yang biasanya dijajakan tiap sore menjelang malam ini banyak ditemukan di sudut-sudut Kota Tegal.

Bahkan, kupat blengong sudah memiliki sentra kuliner sendiri yang berada di Jalan Sawo Barat, Tegal Barat, Kota Tegal.

Salah satu warung kupat blengong yang cukup dikenal yaitu warung kupat blengong Mas Diryono. 

Ditemui di warungnya, Diryono pemilik warung mengaku berjualan kupat blengong sejak tahun 1996, ia sendiri meneruskan usaha keluarga yang sudah ada sejak tahun 1970-an.

Menurutnya, yang membedakan kupat blengong dengan kupat lainnya yaitu selain disajikan dengan olahan blengong juga kuah santan kupat terbuat dari kari blengong. 

"Jadi, semuanya ada blengongnya, satenya sate blengong, ada empal blengong, sate jeroan blengong dan kari blengong," terangnya.

Warung yang dibuka sejak pukul 15.00 sampai 22.00 WIB ini, menyajikan dua jenis sate, sate blengong yang dibakar dan sate blengong yang dimasak. 

"Itu yang membedakan blengong kami dengan lainnya. Lainnya biasanya hanya sate yang dimasak saja, bukan dibakar," katanya.

Jika dirasakan, sate blengong bakar mirip dengan sate kambing, hanya saja tidak memiliki bau prengus dan rendah kolesterol. 

"Blengong lebih kenyel dan tidak bau prengus. Kandungan kolesterol yang rendah bisa jadi alternatif yang ga doyan sate kambing," ujarnya.

Untuk satu porsi kupat hanya dibanderol Rp6.000/porsi. Sedangkan sate blengong bakar dijual Rp40.000 dan untuk satu kodi Rp80.000, sate jeroan Rp4.000/tusuk, dan empal blengong Rp9.000/potong.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar