1.044 Calon Haji Asal Brebes Siap Berangkat ke Tanah Suci

  Kamis, 04 Juli 2019   Dwi Ariadi
Bimbingan manasik haji terpadu Tingkat Kabupaten Brebes di Gedung Islamic Center, jalan Yos Sudarso Brebes, Kamis (4/7/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

BREBES, AYOTEGAL.COM--Sebanyak 1.044 calon haji (calhaj) Kabupaten Brebes bakal diberangkatkan ke Tanah Suci. Sebelumnya, para calon haji mengikuti bimbingan manasik haji terpadu Tingkat Kabupaten Brebes di Gedung Islamic Center, jalan Yos Sudarso Brebes, Kamis (4/7/2019).

“Ini merupakan bimbingan tahap pertama, berupa teori,” ujar Ketua Panitia Fasilitasi Penyelenggaraan Ibadah Haji (PFPIH) Kabupaten Brebes, Mahrus.

Dikatakan, tahap pertama didahului dengan pembekalan tentang seluruh teori dan keterampilan apa saja yang harus dimiliki, dipersiapkan dan dipahami seluruh calon Jamaah Haji. Berbagai teori tersebut, disampaikan para narasumber terkait. Sementara untuk pelaksanaan praktek manasik haji akan diselenggarakan Sabtu (6/7/2019) lusa di tempat yang sama.

Mahrus yang juga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Brebes mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya bimbingan manasik untuk lebih memantapkan persiapan jamaah calhaj terkait proses ibadah haji yang akan mereka jalani.

AYO BACA : Calon Haji dari Brebes Terus Bertambah, Idza: Bukti Masyarakat Makmur dan Religius

Diharapkan, calhaj haji Kabupaten Brebes mampu menguasai materi sekaligus praktek langsung ibadah haji. Selain itu, para calhaj juga bisa mengukur kemampuan fisik masing-masing dalam melaksanakan praktik ibadah haji yang sesungguhnya nanti.

Untuk musim haji 1440 Hijriyah atau 2019 ini, Kabupaten Brebes akan memberangkatkan sebanyak 1.044 orang. Mereka terdiri dari 1.034 calhaj reguler, dan 8 petugas daerah dan serta 2 orang Petugas Provinsi. Calhaj Brebes bakal berangkat dalam empat kelompok terbang (kloter) 52, 53, 54 dan 55 lewat Embarkasi SOC Solo Donohudan.

Wakil Bupati Brebes Narjo dalam sambutanya mengatakan bimbingan manasik haji sangat penting bagi seluruh calhaj. Terlebih bagi mereka yang baru kali pertama menjalankannya. Untuk itu, perlu diikuti dengan seksama dan diperhatikan secara teliti apa saja yang akan disampaikan narasumber. Sehingga pada saat pelaksanaanya nanti tidak ada lagi jamaah calhaj yang merasa kebingungan.

Diakhir sambutanya, Narjo yang tahun ini juga akan ikut berangkat menjadi TPHD kloter 54. “TPHD tahun ini, Kabupaten Brebes didampingi saya dan juga suami Bupati, Bapak H Kompol Warsidin. Kita semua orang sendiri, jadi kalau ada apa apa bisa langsung kordinasikan saja,” jelas Narjo.

AYO BACA : Kota Tegal Dapat 19 Kuota Tambahan Calon Jemaah Haji

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar