Pemerintah Tegal Awasi Peredaran Obat Ilegal Hewan

  Selasa, 09 Juli 2019   Lilisnawati
drh. Liza Atikah saat memberikan edukasi kepada penjual di Pasar Burung Kota Tegal, Selasa (9/7/2019). (Lilisnawati/Ayotegal.com)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan (DKPPP) Kota Tegal melakukan sidak obat-obatan hewan dengan menyisir sejumlah pasar burung dan pet shop, Selasa (9/7/2019).

Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Liza Atikah menjelaskan, sidak bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap peredaran obat-obatan ilegal yang banyak ditemukan di tempat penjualan obat-obatan hewan di Kota Tegal.

"Bukan hanya obat untuk manusia saja, obat hewan yang beredar di Kota Tegal juga harus dikontrol kelegalan dan batas kadaluarsanya," ujarnya disela kegiatan.

Menurutnya, sidak juga dilakukan untuk menjamin bahwa peredaran obat hewan di Kota Tegal aman sekaligus memberikan edukasi kepada penjual maupun pembeli berkenaan obat yang legal yang pantas dikonsumsi oleh hewan maupun yang ilegal.

Dijelaskannya, untuk membedakan obat legal dan ilegal dapat dilihat dari nomor registrasi yang tercantum di dalam obat. Di sana dapat dilihat izin yang dikeluarkan Departemen Pertanian dan lainnya. Sedangkan obat ilegal, kata Liza, hal yang disyaratkan berkenaan itu semua tidak dapat dilihat.

Ia mengatakan keunggulan obat legal tentunya aman dikonsumsi hewan karena sudah pasti teruji, sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Sebaliknya obat ilegal dikhawatirkan membawa dampak buruk pada hewan. Untuk itu, ia mengimbau kepada para penjual dan pembeli untuk jeli memilih obat untuk hewan peliharaan.

"Tadi saya menemukan ada beberapa obat yang ilegal, kami edukasi penjualnya supaya tidak menjual obat tersebut kembali," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar