Kurangi Jumlah Anak Putus Sekolah, ASELA Segera Diluncurkan

  Senin, 15 Juli 2019   Lilisnawati
Wali Kota Tegal saat memberikan sambutan pada rapat paripurna, Senin (15/7/2019).

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM—Untuk mengurangi jumlah anak putus sekolah yang ada di kota Tegal, Pemerintah Kota Tegal akan meluncurkan program ASELA. Hal itu terungkap saat Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal, Senin (15/7/2019).

ASELA atau Ayo Sekolah Lagi, merupakan program yang akan dilincurkan Dinas Pendidikan Kota Tegal untuk mengetahui alasan anak putus sekolah. 

AYO BACA : Brebes Kini Punya Tim Ahli Cagar Budaya

Menurut Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, program ASELA merupakan salah satu program unggulan dibidang pendidikan yang masuk ke dalam visi misi Dedy-Jumadi.

"Program ASELA masuk dalam upaya pencapaian visi dan misi Dedy-Jumadi yang dijabarkan dalam berbagai program dan kegiatan, termasuk program-program unggulan yang akan dilaksanakan pada lima tahun mendatang," tuturnya.

AYO BACA : Yono Daryono Kenalkan Sosok Kardinah, Pejuang Emansipasi Lewat Buku

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Johardi melalui Kepala Subbagian Umum dan Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Nur Vera Zenina menyampaikan, data Dinas Pendidikan Kota Tegal jumlah anak putus sekolah di tahun 2018 sejumlah 117 anak.

Menurutnya, ASELA merupakan implementasi dari kegiatan fasilitasi advokasi pendidikan. Program ini mengajak anak-anak putus sekolah untuk kembali bersekolah ataupun anak-anak yang rentan putus sekolah atau hamper putus sekolah.

Ia menjelaskan, program ini dilaksanakan bersama psikolog yang akan melakukan asesmen baik terhadap anak yang putus sekolah atau rentan putus sekolah dan orang tua untuk mengidentifikasi alasan penyebab putus sekolah, yang selanjutnya dievaluasi dan diberikan solusi supaya anak kembali sekolah.

Di masa kepemimpinan Dedy-Jumadi lima tahun ke depan, selain program ASELA, khusus di bidang pendidikan Pemkot berencana melaksakan program-program unggulan lainnya berupa penyediaan bus sekolah gratis serta Perpustakaan keliling berbasis digital e-book.

AYO BACA : 1.270 Masiswa UPS Tegal Dituntut Kreatif dan Inovatif saat KKN

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar