Krisis Air di Sejumlah Wilayah, Pemprov Jateng Rencanakan Bangun 11 Embung Baru

  Rabu, 17 Juli 2019   Adi Ginanjar Maulana
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jateng, Eko Yunanto Area lampiran

SEMARANG, AYOTEGAL.COM--Untuk mengatasi kekeringan di beberapa titik di daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membangun sejumlah embung baru di tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jateng, Eko Yunanto mengatakan, Pemprov Jateng akan membangun 11 embung baru di sejumlah kabupaten yakni di wilayah Wonogiri, Demak, Kendal, Tegal, Pati, dan Purbalingga. 

Eko menerangkan, embung sendiri saat ini untuk menjawab kekurangan air baku, tidak selalu didesain untuk irigasi padi, karena butuh air banyak. Dimana dulu embung identik untuk pengairan tanaman ekonomi tinggi. Namun sekarang, saat ini konsep embung harus dihadirkan di tempat yang membutuhkan air bersih.

"Total di 2019 ini, total ada 92 embung. Mengingat di tahun 2018 kita sudah membangun em ung di 81 titik. Harapannya bisa sebagai wadah air sehingga masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mencukupi kebutuhan air bersih," ujarnya seperti dikutip Ayosemarang.com, Rabu (17/7/2019).

Ditanya menyoal anggaran dalam pembuatan satu buah embung, dia menerangkan satu embung dengan luas satu hektar dibutuhkan anggaran Rp2,5 miliar hingga Rp3 miliar.

"Itu masih kondisional, melihat kondisi embung yang akan dibangun tersebut," tukasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar