PDAM Brebes Kini Berubah Jadi Perumda, Ini Alasannya

  Kamis, 29 Agustus 2019   Dwi Ariadi
Bupati Brebes Idza Priyanti menggunting untaian melati serta membuka tirai tampilan wajah baru Perumda Air Minum Tirta Baribis, Rabu (28/8/2019).

BREBES, AYOTEGAL.COM-- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Brebes kini berganti nama menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum dengan nama \"Tirta Baribis\".

Menurut Direktur Perumda Air Minum Tirta Baribis, Karmai Widiastuti saat peresmian pergantian nama PDAM, Rabu (28/8/2019), perubahan tersebut bertujuan membangun BUMD yang transparan dan tata pengelolaan yang lebih baik. 

Sebab, kata Karmai, berdasarkan PP No 54 tahun 2017 tentang BUMD disebutkan, setiap BUMD memiliki wewenang untuk mengubah bentuk baru, baik itu Perumda atau Perusda. 

Dikatakan oleh Karmai, Pemerintah pusat telah mendorong perusahaan agar bisa dikelola dengan prinsip yang profesional dan berdampak pada masyarakat. Meski banyak faktor yang harus dibenahi seperti faktor teknik SDM dan faktor lainnya, harus benar-benar dipersiapkan.

AYO BACA : Gadis Urang Bangbayang Duta Antinarkoba Brebes 2019

“Sesuai tugasnya, yaitu melalukan usaha di bidang perusahaan air minum bagi kemanfaatan umum serta meningkatkan perekonomian daerah. Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” jelas Karmai.

Terkait lambang dan nama baru, dia menjelaskan, Baribis diambil dari salah satu nama gunung di Kabupaten Brebes yang menjadi sumber mata air yang digunakan untuk memenuhi pasokan air minum di wilayah Kabupaten Brebes.

“Saat ini ada sekitar 12 persen kebutuhan air minum telah terpenuhi. Insya Allah 5 tahun ke depan akan menaikkan persentase dua kali lipat,” papar Karmai.

Sedangkan untuk mengoptimalkan dan melayani kebutuhan air minum masyarakat Bumiayu, Tonjong dan Bantarkawung,  pihaknya akan membangun sumber mata air di Desa Sridadi Kecamatan Sirampog, dengan kapasitas 200 liter per detik dan 16 ribu sambungan rumah. 

AYO BACA : Anggota Polwan se-Eks Karesidenan Pekalongan Ziarah ke TMP Pura Kusuma Tegal

“Selain itu, kami akan membangun sumur dalam dengan kapasitas masing-masing 10 liter per detik di Desa Bojongsari Kecamatan Losari, serta wilayah Ketanggungan dan Wanasari,” tambah Karmai.

Peresmian perubahan nama dilakukan Bupati Brebes Idza Priyanti dengan pengguntingan untaian melati serta pembukaan tirai tampilan wajah baru Perumda Air Minum Tirta Baribis.

“Mari kita semua memanjatkan doa, mengungkapkan rasa syukur sekaligus meminta berkah agar Perumda Air Minum Tirta Baribis dapat memperkuat kelembagaan Perumda, dengan  meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan profesionalisme dan produktifitas yang tinggi,” kata Idza.

Idza mengungkapkan, 27 tahun sudah perjalanan PDAM Brebes dalam melayani masyarakat, sudah selayaknya membawa seluruh elemen di dalamnya semakin dewasa  dan semakin profesional. 

“Saya yakin perusahaan ini, dapat menjadi perusahaan yang profesional dan berwawasan lingkungan, serta senantiasa ikut aktif berpartisipasi dalam kelestarian lingkungan, dalam bentuk penanaman pohon pada wilayah-wilayah sumber air baku,” kata Idza.

Idza berharap, Perumda Air Minum Tirta Baribis bisa segera bekerja sama dengan pihak perbankan maupun aplikasi-aplikasi pembayaran, agar pembayaran tagihan dapat dilakukan secara online.

AYO BACA : Wah, Tersedia 5.400 Lowongan di Job Fair 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar