120 Pelajar dan Pemuda Ikuti Kemah Jelajah Sejarah Galuh Timur

  Kamis, 03 Oktober 2019   Dwi Ariadi
Peserta kemah foto bersama di lapangan Garuda, Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Brebes. (Dwi Ariadi/Ayotegal)

BREBES, AYOTEGAL.COM -- Sebanyak 120 peserta dari pelajar dan pemuda Kabupaten Brebes menggelar kemah selama tiga hari, (1-3/10/2019) di lapangan Garuda, Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Brebes.

Salah satu kegiatan kemah tersebut, mereka menelusuri sejarah peradaban Galuh Timur.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Dr Tahroni dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabid Pemuda dan Olahraga Siti Umroatin SE MSi saat pembukaan Kemah Jelajah Alam Pemuda dan Pramuka 2019, Selasa (1/10/2019), kegiatan ini merupakan ajang meningkatkan pikiran, fisik, mental dan spiritual serta aspiratif dan dapat meningkatkan dan menempatkan diri sebagai pemuda secara layak di tengah masyarakat Tahroni mengungkapkan, sejarah telah mencatat peranan besar pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada masas-masa awal kebangkitan nasional, para pemuda mempunyai peran besar dalam membangkitkan semangat kebangsaan. Sekitar tahun 1920-an para pemuda berperan besar dalam menggalang semangat persatuan.

“Ayo lebih rapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan kemajuan dan perkembangan pembangunan Kabupaten Brebes. Marilah kita bersama-sama berupaya melakukan hal terbaik, demi masa depan generasi muda yang lebih cerah,” ajak Tahroni.

Menurut Tahroni, sangatlah tepat pemuda yang mengikuti kemah kali ini, karena mengikuti pendidikan formal saja tidaklah cukup. Untuk hasil yang optimal dalam pembentukan watak, kepribadian dan akhlak mulia, anak-anak perlu menambah dan meningkatkan wawasan serta pemahaman di alam raya.

Dikatakan, kemah diikuti 120 peserta, terdiri dari 88 peserta OSIS dan Pramuka dan 32 peserta dari unsur pemuda.

Banyak kegiatan yang dilakukan pada perkemahan, di antaranya pemutaran film G30S PKI dan jelajah alam, jarak tempuh sekiar 10 km melewati tempat peradaban situs sejarah Galuh Timur. Dengan jelajah tersebut, peserta dapat mengetahui sejarah budaya yang ada di Desa Galuh Timur. (Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar