Hutan Clirit Tegal Terbakar, Dua Pencari Landak Diamankan

  Senin, 07 Oktober 2019   Dwi Ariadi
Petugas berupaya memadamkan api yang membakar hutan Clirit Tegal,, Minggu (6/10/2019) sore. (dok PMI Kabupaten Tegal)

BALAPULANG, AYOTEGALCOM -- Area hutan pinus Clirit yang masuk Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal  Minggu (6/10/2019) sore. Dari kejadian tersebut, dua pencari hewan landak diamankan petugas Polsek Balapulang dan satu lagi masih buron.

Menurut Kapolsek Balapulang Iptu Suradi kepada Ayotegal, Senin (7/10/2019), ketiga pencari landak tersebut diduga memicu kebakaran di Hutan Clirit, tepatnya di bukit Sigamblok.

''Beberapa mencari landak dengan cara membakar lubang tempat persembunyian hewan tersebut. Api kemudian menjalar ke lahan hutan, apalagi anginnya saat itu besar, '"kata Iptu Suradi.

Dua pelaku yang telah diamankan tersebut  Sumiin dan Tarmat dari Dusun Senggang, Desa Soka Tengah, Kecamatan Bumijawa.

"Satu pelaku yang kini masih dalam pengejaran,''katanya.

Dikatakan, para pelaku mulai membakar lubang-lubang persrmbunyian landak pada pukul 11.00 WIB, Minggu (6/10/2019).

''Kebakaran akhirnya baru bisa dipadamkan pada malam hari kemarin," paparnya.

Adapun, Koordinator Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Tegal, Kartono mengatakan, sekitar Pukul 12. 00 WIB, Adi Sucipto dari Perhutani mendapatkan laporan dari Mandor Penyadap Hutan Clirit KPH Pekalongan Barat tentang adanya Kebakaran di Hutan Clirit.

Menurut pelapor, api berasal dari seorang warga yang sedang mencari landak dengan cara membakar lubang tempat persembunyian landak kemudian api menjalar ke lahan di sekitarnya dan menyebabkan kebakaran hutan.(Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar