Desa Danaraja Tegal Menjadi Bumi Wiyata Dunia

  Minggu, 20 Oktober 2019   Abdul Arif
Inang Winarso, Antropolog, Aktif di Forum Senin Paingan Kabupaten Tegal.

AYOTEGAL.COM-- Kitab Rambang peninggalan Syekh Maulana Maghribi di Desa Danaraja, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal merupakan manuskrip kuno yang ditulis dalam aksara Arab dengan bahasa Jawa. 

Sebagai manuskrip yang berisi ajaran tatakrama laku manusia di dalam mengarungi kehidupan, sudah seharusnya masyarakat Tegal bangga warisan leluhur tersebut.

Kitab Rambang yang sarat dengan ujaran kebajikan di dalam UU Pemajuan Kebudayaan sudah memenuhi syarat untuk mendapat empat program pemajuan kebudayaan yaitu
satu, Pelindungan artinya naskah dijaga keasliannya dan dirawat agar tidak rusak. Salah satu caranya adalah dengan menyimpan naskah Rambang dalam bentuk digital.

Kedua, Pengembangan artinya naskah tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia untuk bahan kajian mengenai nilai-nilai moral yang tersirat di dalam kitab tersebut. 
Ketiga, Pembinaan maksudnya adalah melalui Kitab Rambang tersebut generasi muda diberi kesempatan untuk mendiskusikan isi dari kitab tersebut dihubungkan dengan kehidupan jaman milenial. 

Keempat yaitu Pemanfaatan artinya Kitab Rambang dapat dijadikan bahan ajar dan daya tarik bagi siapapun yang ingin mendalami filosofi kehidupan yang baik. Oleh sebab itu dengan adanya Kitab Rambang, dengan empat program pemajuan kebudayaan, maka Desa Danaraja layak menjadi "Bumi Wiyata" tempat masyarakat dari berbagai penjuru dunia untuk belajar hidup dengan baik. Dan sebaiknya Desa Danareja tidak menjadi Bumi Wisata Religi tempat masyarakat melancong sambil selfi dan unjuk eksistensi diri yang dibungkus kesan relijius. 

Desa Danaraja bukan sekadar desa tujuan, tetapi Desa Danaraja dengan Kitab Rambang akan menjadi sumur tanpa dasar bagi pengembara rohani dan jasmani untuk mencapai kemuliaan hidup.

-Inang Winarso, Antropolog, Aktif di Forum Senin Paingan Kabupaten Tegal

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar