GOW Brebes Dorong Kepedulian terhadap Stunting

  Rabu, 30 Oktober 2019   Dwi Ariadi
GOW Kabupaten menggelar seminar di gedung IBI Brebes, Rabu (30/10/2019). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

BREBES, AYOTEGAL.COM-- Pertumbuhan anak tak lepas dari pantauan orang tua, terutama kaum ibu. Karena itu, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) di Brebes menyatakan turut peduli dan bertanggungjawab kondisi stunting yang disebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan asupan nutrisi selama 9 bulan saat anak di dalam kandung ibu atau selama masa pertumbuhan kritis, yaitu 1.000 hari pertama dalam hidup anak.

Hal itu disampaikan Ketua GOW Kabupaten Brebes Aqilatul Munawaroh dalam Seminar GOW di gedung IBI Brebes, Rabu (30/10/2019).

Menurut Aqilah, kekurangan gizi pada masa kanak-kanak berkonsekuensi bukan saja di usia kecil anak, tetapi berdampak pada sepanjang hidupnya.

AYO BACA : Belasan Penghuni Kos Diciduk Petugas Gabungan

\"Stunting memengaruhi kapasitas belajar pada usia sekolah, nilai dan prestasi sekolah, upah kerja pada saat dewasa, risiko penyakit kronis seperti diabet, morbiditas dan mortalitas, dan bahkan produktivitas ekonomi,\" jelasnya.

Persoalan stunting merupakan masalah global yang dihadapi banyak negara. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa pada tahun 2016 sekitar 155 juta (23 persen) anak di dunia mengalami stunting. 

Di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa pada 2018 prevalensi balita yang mengalami stunting sebesar 30,8 persen, atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata dunia.

AYO BACA : Umi Azizah Mutasi 122 Pegawai Pemkab Tegal

“Mari kita perhatikan anak-anak, cucu-cucu kita, terutama saat 1000 hari pertama masa kehidupan,” ajak Aqilah.

Seminar dihadiri 200 anggota dari 29 organisasi wanita se-Kabupaten Brebes.
\nSelain Seminar, dalam rangka HUT GOW, juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan di antaranya bersih-bersih Pantai Randusanga Indah (Par In), bakti sosial dengan memberikan santunan kepada para penghuni panti pelayanan sosial di Klampok sebanyak 90 \"Mbah Putri dan Mbah Kakung\", jalan sehat bersama Bupati Brebes.

“Puncaknya dengan mengadakan seminar sehari tentang peran perempuan dalam penanggulangan masalah stunting di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.

Bupati Brebes Idza Priyanti berharap, dengan ulang tahun ke-56, GOW akan semakin maju dan mampu berkiprah dalam pembangunan daerah. 
\n“Selamat dan sukses, semoga GOW makin maju dan mampu berkontribusi dalam pembangunan daerah,” tandasnya.

AYO BACA : Tegal Raya Berpotensi Panas Terik dan Angin Puting Beliung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar