Di Balik Prestasi Kabupaten Tegal Layak Pemuda 2019

  Rabu, 30 Oktober 2019   Abdul Arif
Diana Wanti, Sekretaris Tim Kerja Wirausaha Pemuda Kabupaten Tegal

AYOTEGAL.COM-- Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019, Kabupaten Tegal memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten layak Pemuda kategori Utama atau tertinggi dari 20 kabupaten / kota di Indonesia. (Dalam penghargaan ini ada tiga kategori yaitu pratama, madya dan Utama).

Hal yang patut disyukuri dan membanggakan atas penghargaan yang diraih tersebut, karena banyak program dari Pemerintah daerah Kabupaten Tegal yang memang dialokasikan untuk pemberdayaan pemuda.

Tertuang dalam Visi Misi Bupati Tegal periode 2019-2024 salah satunya adalah penumbuhan wirausaha muda melalui metode pendampingan.
Program Wirausaha Pemuda (WP) adalah program yang seluruh dana kegiatannya dari APBD Kabupaten Tegal TA 2018 senilai Rp 1 miliar. Implementasi dari program ini  dibentuklah Tim WP yang terdiri dari OPD kolaborasi dan swasta.

Tim terdiri dari 12 orang dan diketuai oleh Setya Teguh Yuwana. Dalam bekerja, Tim WP  bersinergi dengan stakeholder pelaku usaha, kalangan swasta  untuk menjalankan program WP.
Progres pelaksanaan diawali pada bulan Februari 2019 dengan dilaunching tahapan seleksi ‘’Nggolet Boss Muda’’ dengan target pengumpulan gagasan / ide bisnis.

Dari tahapan seleksi awal terjaring ada 400 lebih ide bisnis yang masuk ke Tim yang kemudian terseleksi lagi menjadi Top 100 gagasan bisnis.

Tahapan–tahapan pendampingan pun sudah dimulai dari Top 100 yaitu berupa pendampingan revisi ide bisnis, penjelasan kanvas model bisnis dan penulisan model bisnis. Dari tahapan ini kemudian akan terpilih menjadi Top  50 wirausaha pemuda.

AYO BACA : Penguatan Kiprah Politik Perempuan

Dari Top 50 ini kita lakukan lagi pendampingan dan pembekalan untuk melakukan revisi model bisnis dan kemudian ke tahap penulisan rencana bisnis. Dari Top 50 ini nantinya akan diseleksi lagi menjadi Top 28 yang akan mendapat dana stimulan untuk usaha atau memulai bisnisnya berupa uang cash sejumlah Rp 15 juta/orang.

Program WP pun melakukan sinergitas dengan Kemenpora berupa pemilihan Wirausaha Muda Pemula (WMP) yang diberi kemudahan akses permodalan langsung dari Kemenpora berupa dana tunai Rp 15.000.000/orang dan sudah ada 5 orang pemuda yang mendapatkan akses kemudahan tersebut.

Lalu dengan terpilihnya Kabupaten Tegal sebagai salah satu dari enam Kabupaten / Kota  Penyelenggara technoprener Muda Pemula (TMP) dari kemenpora menunjukan bukti bahwa penumbuhan entrepreneur wirausaha muda di Kabupaten Tegal mulai tumbuh dan tercipta.

Dari sinergitas tersebut melahirkan 8 orang TMP yang diberi bantuan dana Rp 15 juta /orang sebanyak 3 orang dan Rp 10 juta/orang untuk 5 orang pemuda lainnya.

Menjadi bagian dari Tim Kerja WP adalah hal yang membanggakan, karena ternyata banyak sekali potensi – potensi luar biasa yang dimiliki oleh pemuda Kabupaten Tegal. Dan saya yakin, Program WP adalah bagian dari salah satu program suksesnya Kabupaten Tegal Menjadi Kabupaten Layak Pemuda. Selamat Untuk Kabupaten Tegal !

-Diana Wanti, Sekretaris Tim Kerja Wirausaha Pemuda Kabupaten Tegal

AYO BACA : Desa Danaraja Tegal Menjadi Bumi Wiyata Dunia

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar