Pemkot Tegal Siapkan Nikah Massal dan Itsbat Nikah

  Kamis, 07 November 2019   Lilisnawati
Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi saat menghadiri Rakor pelayanan terpadu sidang itsbat nikah Kota Tegal (Humas Pemkot Tegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Pemerintah Kota Tegal tengah mempersiapkan rencana adanya nikah massal dan itsbat nikah bagi masyarakat Kota Tegal.

Rencananya, nikah massal dan itsbat nikah akan digelar pada akhir November 2019.

Hal itu terungkap saat rapat koordinasi pelayanan terpadu sidang Itsbat Nikah Kota Tegal tahun 2019, Rabu (6/11/2019).

Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi menyambut baik adanya nikah massal dan itsbat nikah. Menurutnya, adanya itsbat nikah bisa dimanfaatkan masyarakat Kota Tegal untuk bisa mengesahkan pernikahannya.

"Ini program yang bagus, sampaikan ke RT RW terkait nikah masal dan istbat nikah. Ini bukan pekerjaan sulit tapi butuh effort lebih. Harapannya semoga dengan ini kota Tegal menjadi berkah daripada maksiat," ujarnya.

Senada dengan Jumadi, Panitera Pengadilan Agama Kota Tegal Muhammad Farid menyampaikan bahwa itsbat nikah adalah pengesahan nikah oleh karena syarat dan ketentuannya harus sesuai.

Ia menyebut syarat itsbat nikah di antaranya surat permohonan, fotokopi KTP pemohon atau para pemohon (suami istri) bermaterai 6000 dan telah dinzegelen/cap pos, fotokopi KK pemohon bermaterai 6000 dan dinasegelen, surat keterangan KUA tentang tidak tercatatnya perkawinan, surat pengantar dari kepala desa/lurah pemohon dan membayar panjar biaya perkara sesuai SKUM.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal Basuki mengatakan ada 31 nama yang diusulkan mengikuti itsbat nikah.

Dirinya menginstruksikan kepada para camat dan lurah untuk memvalidasu kembali nama-nama tersebut.

Menurutnya, dengan adanya itsbat nikah dapat mendukung hak anak terkait Adminduk. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar