Brebes Raih Anugerah IDSD Tingkat Jateng 2019, Ini Sebabnya

  Kamis, 28 November 2019   Dwi Ariadi
Bupati Idza Priyanti menerima penghargaan dalam Semiloka Nasional bertajuk “Penguatan Inovasi Menuju Daya Saing dan Kemandirian Bangsa" di Hotel Best Western Premier, Solo Baru, Kamis (28/11/2019).

BREBES, AYOTEGAL.COM - Kabupaten Brebes menerima anugerah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) tingkat Jawa Tengah 2019.

Penghargaan bergengsi tersebut diterima Bupati Idza Priyanti dalam Semiloka Nasional bertajuk “Penguatan Inovasi Menuju Daya Saing dan Kemandirian Bangsa\" di  Hotel Best Western Premier, Solo Baru, Kamis (28/11/2019).

Anugerah IDSD tingkat Provinsi Jateng 2019 dengan posisi Kategori Pemasaran atau Market. Penghargaan diserahkan Kepala Deputi Bidang Penguatan Inovasi, Direktorat Inovasi Kemenristek/BRIN  oleh  Dr Moh Amin didampingi Kepala Baperlitbangda Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Wibowo.

AYO BACA : KIP Jateng Ajak Kades di Brebes Tak Takut Keterbukaan Informasi Publik

Idza Priyanti mengaku bersyukur  atas prestasi untuk Brebes, termasuk penghargaan ini juga tak lepas dari jerih payah seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berlomba-lomba membuat inovasi guna meningkatkan daya saing daerah.

\"Brebes kelihatannya tidak memiliki potensi, tetapi setelah digali ternyata bermunculan dan bernilai ekonomi yang tinggi untuk kesejahteraan masyarakat Brebes,\" ungkap Idza.

Dicontohkan, Mangrovesari yang dulunya pantai dengan tambak yang terkena abrasi kini jadi destinasi wisata unggulan.

AYO BACA : Taj Yasin Bagikan Tips Keroyokan Atasi Kemiskinan di Brebes

Begitupun dengan Batik Salem, Kopi Capar, Kopi Dawuhan menjadi produk unggulan daerah selain telor asin dan bawang merah.

Yang tidak kalah menarik, lanjut Bupati, Brebes menjadi Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB).
\nKabupaten Brebes meraih anugerah Indeks Daya Saing Daerah se Jateng pada Aspek pemasaran yang terdiri dari 4 pilar yaitu pilar efisiensi pasar produk, ketenagakerjaan, akses dan ukuran pasar.

\"Hingga kini sudah ada 39 perusahaan besar yang berinvestasi di Brebes dan akan terus bertambah, karena market kita inovatif dalam pandangan tim penilai,\" jelasnya.

Kepala Deputi Bidang Penguatan Inovasi, Direktorat Inovasi Kemenristek/BRIN  oleh  Dr Moh Amin mengatakan, ada 6 wali kota dan 9 bupati yang mendapat penilaian Indeks Daya Saing Daerah yang bagus.

\"Ini bisa menjadi contoh daerah daerah lain dalam hal kontribusi daerah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat berdasarkan penguatan inovasi. Sehingga tercipta daya saing daerah dengan pemanfatan inovasi dalam mengoptimalkan potensi daerah serta terciptanya kemandirian bangsa,\" katanya.

AYO BACA : Sekda Brebes Ajak Istri ASN Dukung Karir Pekerjaan Suami

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar