Wisata Sawah Batu Bukateja Resmi Dibuka, Bupati Umi: Ini Luar Biasa!

  Minggu, 01 Desember 2019   Dwi Ariadi
Peluncuran Wisata Sawah Batu yang berlokasi di Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Sabtu (30/11/2019) malam oleh Bupati Tegal, Umi Azizah.

BALAPULANG, AYOTEGAL.COM - Wisata Sawah Batu yang berlokasi di Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, resmi dibuka Bupati Tegal, Umi Azizah, Sabtu (30/11/2019) malam.

Acara peluncuran berlangsung meriah dan tampak megah di panggung utama. Sorot lampu warna-warni serta beragam penampilan seni pertunjukan mewarnai acara tersebut.

Ratusan warga sekitar Bukateja hadir di objek wisata yang berada di tengah sawah tersebut.

Yang unik, penyambutan pengunjung oleh panitia penuh dengan nuansa pedesaan dengan mengenakan baju tradisional Tegal.

AYO BACA : Aksi Evie Tamala Tutup Rangkaian Hari Korpri di Kota Tegal

Tidak hanya itu saja, di gazebo yang semuanya terbuat dari kerajinan bambu itu tersaji jajanan dan makanan khas desa Bukateja.

Bupati Umi Azizah yang didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Suharinto mengaku kagum dengan kemasan acara pembukaan wisata tersebut.

Kegiatan tersebut terbagi dalam 3 bagian acara besar, yakni Kirab Budaya, Opera Van Bukateja dan Opening Pasar Sawah Batu Bukateja.

Performance seni budaya digelar bentuk kegiatan teater tradisional kontemporer yang diberi tajuk \" Opera Van Bukateja\", yang mengangkat judul cerita: \"Rasa Adi Ning Jagad\" yang mengangkat sebuah cerita tentang sejarah Desa Bukateja.

AYO BACA : Viral Teror Tawon Vespa, Satpol PP Kota Tegal Kebanjiran \"Job\"

Opera disutradarai oleh Jimmy HC, seniman kontemporer berbakat dari Tonjong Brebes dengan dalang Ki Dalang Carito.

Selain itu, pemeran lokal dari pemerintah desa, Pokdarwis, maupun warga desa Bukateja.

\"Saya kagum dengan pementasan pertunjukan pembukaan tempat wisata ini. Ke depan, saya berharap Wisata Sawah Batu seperti Pasar Slumpring kedua yang ada di Desa Cempaka,\" kata Bupati Umi.

Dia berharap, wisata Sawah Batu bisa menjadi ikon wisata desa yang sukses bisa sejajar dengan Cempaka dan Guci.

Dalam gebyar pembukaan wisata didukung oleh sejumlah tim kreatif dari Hidora,  Bung Tewe Slawi FM, Tri Andri PN (Ketua Hidora), Grup Amoeba Ethnic Desa Cempaka, dan band unik: Tebar Sae Band (Tegal Banyuwangi Seduluran Selawase), yang beranggotakan Imam Joend (vokalis, pencipta lagu dari Balapulang), DR Agus Wibowo (gitaris, Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal), Tegar (drummer dari Slawi), Tedjo Bachtiar (pemain keyboards, dari Hidora Banyuwangi), Adriana Maria Olarte (pemain bass, volunteer Hidora dari Colombia, Amerika Selatan), dan Danny Gendon (gitaris dari Desa Bukateja).

Kades Bukateja, Supendi mengatakan, keberadaan wisata Sawah Batu semua dikelola warga dengan mengedepankan potensi alam dan tata kelola dalam memberdayakan potensi wisata yang dimiliki Desa Bukateja.

AYO BACA : Warga Rusun Kraton Tegal Habiskan Malam Minggu dengan Pentas Seni

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar