Aspal Sampah Plastik Mulai Diterapkan di Kota Tegal, Ini Keunggulannya

  Selasa, 03 Desember 2019   Lilisnawati
Wali Kota Tegal bersama Wakilnya juga Direktur Inaplas saat menyaksikan langsung pengaspalan menggunakan aspal plastik di Balai Kota Tegal, Selasa (3/12/2019). (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Pemerintah Kota Tegal mulai menerapkan aspal sampah plastik di Kota Tegal.

Sebagai permulaan, aspal sampah plastik diterapkan di Jalan Ki Gede Sebayu atau Kompleks Balai Kota Tegal seluas 1.800 m, Selasa (3/12/2019).

Jumlah tersebut dibutuhkan sekira 267.000 lembar aspal sampah plastik atau 500 kilogram sampah plastik.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, penerapan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas).

"Setelah MoU, ini adalah uji coba untuk pengaspalan dari limbah plastik. Ini upaya kita khususnya aspal sampah plastik tidak cuma dibuang tetapi juga dimanfaatkan untuk pengaspalan," katanya.

Menurutnya, keunggulan aspal sampah plastik yaitu jika terkena matahari akan memuai dan merapat. Dengan begitu, dirinya berharap ke depan perbaikan jalan di Kota Tegal akan menggunakan aspal plastik.

Sementara itu, Direktur Inaplas Edi Rivai mengatakan, Kota Tegal merupakan kota kedua yang menerapkan aspal sampah plastik setelah Cilegon.

"Ini adalah suatu contoh bagaimana mengubah sampah menjadi bermanfaat. Tentu dengan sirkular ekonomi ini banyak manfaat baik pada hulu menengah dan hilir, sampai kepada pengolahan itu sendiri," ujarnya.

Menurutnya, jenis sampah plastik yang digunakan adalah sampah kantong plastik atau keresek.

Dirinya mengungkapkan, hasil riset PUPR, kekuatan jalan dengan menggunakan aspal sampah plastik meningkat 40 % daripada aspal biasa.

"Hal itu tentu akan mengurangi biaya perawatan. Perawatan jalan akan lebih murah, lebih efisien dan lingkungan akan lebih baik," ungkapnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar