Brebes Kembali Dinobatkan sebagai Kabupaten Peduli HAM

  Selasa, 10 Desember 2019   Dwi Ariadi
Kepala Bagian Hukum Setda Brebes, Moh Syamsul Haris menunjukkan penghargaan pada peringatan Hari HAM Ke-71 tahun 2019 di Gedung Merdeka Asia Afrika Bandung Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

BREBES, AYOTEGAL.COM -- Kabupaten Brebes kembali dinobatkan sebagai Kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2019.

Penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) diserahkan oleh Dirjen Hukum dan HAM, Mualimin Abdi kepada Kepala Bagian Hukum Setda Brebes, Moh Syamsul Haris pada peringatan Hari HAM Ke-71 tahun 2019 di Gedung Merdeka Asia Afrika Bandung Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).

Menurut Syamsul Haris, Kemenkum HAM menilai,  Pemkab Brebes di bawah kepemimpinan Bupati Idza Priyanti dan Narjo mampu dan berhasil mendorong pemenuhan hak-hak dasar warganya dari berbagai bidang, baik hak dasar pendidikan, kesehatan, hukum, hak perempuan dan anak maupun di bidang perumahan layak huni, lingkungan hidup, dan bidang-bidang lainnya yang sifatnya kebutuhan yang sangat mendasar.

“Ada 80 indokator yang menjadi acuan penilaian Kabupaten Peduli HAM, dan Brebes mendapatkan nilai 90,” tutur Haris usai menerima penghargaan.

Terpisah, Bupati Idza Priyanti  mengaku bangga dan bersyukur karena Kementerian Hukum dan HAM mengapresiasi kinerja Pemkab Brebes dalam kepedulian terhadap HAM.

Pengharaan ini, kata Idza, sebenarnya buat masyarakat Kabupaten Brebes yang sama-sama telah peduli kepada HAM.

''Dengan penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk terus bekerja demi rakyat. Tentunya, Kemenkum HAM punya penilaian dan indakator tertentu, sehingga Kabupaten Brebes diberikan apresiasi,"katanya.

Menurut Idza, pembangunan itu tidak semata bersifat fisik dan dilihat dari satu sisi saja, namun pembangunan mental spritual tidak boleh diabaikan.

'"Jadi harus ada keseimbangan di antara keduanya termasuk pemenuhan hak-hak dasar manusia,” kata Idza.(Dwi Ariadi)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar