Cara Rumah Literasi Waskita Kembangkan Potensi Anak Muda Brebes

  Sabtu, 14 Desember 2019   Lilisnawati
Rumah Literasi Waskita menggelar dialog interaktif, Sabtu (14/12/2019) (Istimewa)

JATIBARANG, AYOTEGAL.COM -- Rumah Literasi Waskita menggelar dialog interaktif bertajuk menjadi narasumber dan moderator yang efektif dan efisien, Sabtu (14/12/2019).

Puluhan peserta memadati gedung yayasan Raudhatuth Thalabah, Jatibarang, Kabupaten Brebes. 

Pimpinan Yayasan dan juga pembina Rumah Literasi Waskita Toto Caroto mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan potensi pemuda Brebes, sekaligus memberikan ruang kepada generasi muda agar lebih kreatif dan cerdas.

Sebagai narasumber, Akademisi UPS Tegal yang juga sebagai mantan Wakil Wali Kota Tegal Maufur dan Budayawan Pantura Atmo Tan Sidik memberikan tips-tips menjadi narasumber dan moderator yang egektif dan efisien.

Menurut Maufur, menjadi moderator yang handal cukup memiliki tiga pengetahuan, yakni mengetahui tentang materi, mengetahui tentang narasumber atau pembicara dan mengetahui audeins.

Tak lupa, dirinya berpesan kepada peserta agar menjadi generasi penerus yang lebih baik.

"Saya apresiasi, ini acara sangat baik, menjadi pembentukan karakter penerus lebih memiliki kecakapan dalam hal ilmiah baik secara tekstual dan kontekstual menjadi narasumber maupun moderator," katanya.

Sementara itu, menurut Atmo Tan Sidik, menjadi narasumber dan moderator yang handal bukan hanya secara aspek ilmiah tetapi juga dibahas secara aspek ilahiah. Yaitu aspek spiritual yang menjadi tumpuaan aspek-aspek lain seperti emosional dan aspek intelektual.

"Jadilah seperti klapa ijo yang memiliki nilai manfaat, dari kulitnya, cangkangnya, klapanya, dan airnya. Dan jadilah seperti layang-layang, ada aspek ilahiah yang terkandung yakni membimbing," tuturnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar