Anggota DPR-RI Nur Nadlifah Ajak Warga NU Kurangi Sampah Plastik

  Selasa, 24 Desember 2019   Dwi Ariadi
Anggota DPR-RI, Nur Nadlifah.

BREBES, AYOTEGAL.COM - Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) IX  Nur Nadlifah menolak diberi minuman kemasan plastik yang sampahnya langsung dibuang.

Sebab, sampah plastik telah merusak bumi Indonesia akibat sulit diurai karena membutuhkan waktu ratusan tahun.
\nKarena itu, dia mengajak warga nahdliyyin harus peduli terhadap persoalan bersama itu dengan mengurangi dan memerangi sampah plastik.

“Sebagai bakti nyata untuk menyelamatkan negeri, mari selamatkan bumi Indonesia dengan mengurangi, memerangi sampah plastik,” ajak Politikus dari PKB saat silaturahmi bersama Nahdliyin, di Hotel Anggraeni, Jatibarang Brebes, Selasa (24/12/2019).

AYO BACA : Pemkot Tegal Terima DIPA Rp 695,71 M, Ini Peruntukannya

Nur Nadlifah mengajak perubahan dengan pantang terhadap plastik yang menyampah.

\"Secara nyata, plastik terus mencekik planet kita. Plastik sekali pakai terus mengotori lingkungan kita bahkan sudah sering kita lihat gambaran satwa-satwa di sekitar laut yang mati akibat memakan plastik. Tidak hanya satwa, plastik pun masuk ke dalam tubuh manusia dalam bentuk mikroplastik lewat makanan, minuman, bahkan udara yang kita hirup. Sungguh tidak dirasa, kalau plastik ternyata banyak yang memasuki tubuh kita,” ungkap Nur Nadlifah.

Untuk itu, dia mengajak seluruh Nahdliyin untuk bisa membantu membebaskan bumi dari jeratan plastik. Mulai dari perubahan gaya hidup yang harus dimulai dari sekarang juga, sampai mendesak perusahaan untuk berinovasi dan meninggalkan plastik sekali pakai dan mendesak pemerintah untuk membuat aturan mengenai plastik sekali pakai.

AYO BACA : 40 Wirausaha Baru di Tegal Dilatih Jadi Juragan Keripik Standar Ekspor

Pada pertemuan tersebut, Nur Nadlifah juga membawa botol minuman yang bisa dipakai berkali-kali. Sehingga tidak menggunakan air minum dalam kemasan, sebagaimana yang sering digunakan untuk pertemuan-pertemuan atau rapat dan pengajian diberbagai tempat.

“Kita belum terlambat untuk melakukan perubahan perilaku, hindarkan plastik yang menyampah,” tergasnya.

Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Brebes Nur Wahidah mengaku salut dengan ajakan anggota Dewan yang mengkampanyekan perilaku hidup bersih dan sehat serta peduli lingkungan.
\nSebagai Ketua Fatayat, pihaknya akan menginstruksikan dalam setiap pertemuan dengan menggunakan gelas, cangkir, yang dituang dari ketel. Sehingga akan mengurangi sampah plastik.

“Kami komitmen dengan ajakan Nur Nadlifah untuk mengurangi dan memerangi sampah plastik,” ucapnya.

AYO BACA : Ini Harapan Pemkot dan Pemkab Tegal Soal Kongres Sastra Tegalan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar