ACT-MRI Brebes Kirim Bantuan Pangan Siap Santap ke Wilayah Korban Banjir

  Sabtu, 11 Januari 2020   Dwi Ariadi
ACT- MRI Brebes menyalurkan bantuan pangan siap santap untuk penyintas banjir bandang di Desa Sindangjaya, Kabupaten Brebes. (Ayotegal.com/Dwi Ariadi)

BREBES, AYOTEGAL.COM -- Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Brebes menyalurkan bantuan pangan siap santap untuk penyintas banjir bandang di Desa Sindangjaya, Kabuoaten Brebes, Jumat (10/1/2020).

Tim ACT bersama MRI Brebes meluncur ke Desa Sindangjaya Kecamatan Ketanggungan  dengan membawa bantuan makanan siap santap sejumlah 150 nasi kotak. Didampingi perangkat desa setempat, Tim ACT MRI membagikan bantuan nasi siap santap kepada warga yang terdampak banjir bandang yang terjadi, pada Rabu (8/1/2020), akibat sungai Cibisole meluap dan menjebol tanggul sungai di Desa Sindangjaya.

Kerugian yang berhasil didata terdapat 22 rumah mengalami kerusakan dan ada 3 rumah  rusak parah. Ada sekitar  300  KK meliputi 7 RT terkena dampak musibah banjir.

Syamsul Arief, Kepala Desa Sindangjaya menuturkan, banyak warga tidak sempat mengungsi karena kejadian berlangsung cepat.

“Begitu tanggul jebol air langsung mengalir ke permukiman warga, karena panik banyak harta benda yang tidak bisa diselamatkan tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dari warga kami,'katanya.
Menurut  Syamsul, kendati air cepat surut namun menimbulkan  kerusakan terutama rumah warga yang masih dominan belum permanen.

''Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada ACT MRI atas bantuan makanan siap santap ini karena warga kami juga tidak bisa memasak karena alat dapurnya juga tidak bisa digunakan,"ujarnya.

Rojali, dari MRI Brebes, pada Kamis (9/1/2020), melakukan assessment ke Desa Sindangjaya menyampaikan logistik yang memang dibutuhkan warga di desa ini. 

“Dari hasil pantauan kami di lapangan warga di sini membutuhkan selain makanan juga memerlukan perlengkapan tidur seperti alas tidur atau setidaknya tikar dan juga selimut,” ujarnya.

Adapun Kepala ACT Tegal, Siswartono mendorong kegiatan seperti ini harus bergerak dengan cepat mengingat kondisi korban yang memang sangat membutuhkan bantuan.

“ Setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak akhirnya ACT MRI Brebes menyalurkan bantuan pangan ini dengan harapan bisa segera meringankan beban para korban banjir bandang. Selanjutnya bantuan-bantuan lain diharapkan akan segera menyusul,” tandasnya. (Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar