Punya KIB-KPIB, Pertumbuhan Ekonomi Brebes Bisa Tembus 7%

  Rabu, 05 Februari 2020   Dwi Ariadi
Focus Group Discussion (FGD) di Aula Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes, Rabu (5/2/2020).

BREBES, AYOTEGAL.COM - Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Brebes optmistis bisa mencapai 7% menyusul  kehadiran Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB).

\"Saat ini saja hampir mendekat 6 persen, sehingga dalam satu dua tahun mendatang, capaian 7 persen bisa diraih oleh Brebes,\" kata Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip, Dr Maruto Umar Basuki pada Focus Group Discussion (FGD) di Aula Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes, Rabu (5/2/2020).

Menurut dia, dengan ditetapkanya Brebes sebagai Kawasan Industri sangat diuntungkan karena pembangunan Infrastruktur dan sarana penunjang lainnya bisa dimanfaatkan bersama.

Maruto juga berharap, adanya kurikulum tambahan terkait kebutuhan tenaga kerja di KIB yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri.

AYO BACA : Umi Azizah Dorong Perlunya Manajemen dan Promosi Wisata Desa

Di dalam pembelajaran di sekolah atau kampus harus link and match, mampu membentuk tenaga ahli yang siap ditempatkan di dunia industri.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip Semarang Firmansyah menyampaikan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7% harus digotong bersama. Termasuk harus ada intervensi Pemerintah Kabupaten Brebes dalam pengelolaan KIB. 

Dalam artian, sepanjang tidak menyalahi regulasi yang ada dengan menggerakkan potensi lokal seperti penerbitan peraturan penggunaan air baku, pemanfaatan produk lokal sebagai bahan baku seperti hasil-hasil pertanian setempat.

Namun sangat berat karena kualitas produk lokal, akan bersaing dengan produk-produk daerah lain.

AYO BACA : Kick-Off Liga 2 Bakal Digelar 13 Maret 2020

Firmansyah, menghendaki KIB harus mampu menyerap tenaga kerja lokal Brebes guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, Pemerintah juga harus mengutamakan masuknya industri berbasis lertanian. Sebab, Brebes merupakan daerah Pertanian meskipun industri lain juga harus terus dirayu agar masuk dengan cepat ke KIB maupun KPIB.

Bupati Brebesj Idza Priyanti  mengajak seluruh elemen yang ada di Brebes bersiap guna menyongsong KIB dan KPIB. Seluruh masyarakat harus dan mengambil manfaat dari kehadiran KIB dan KPIB. Untuk itu, seluruh jajaran Pemkab mensosialisasikannya secara masif.

“Jangan sampai ada warga Brebes yang tidak tahu apa itu KIB dan KPIB,” ujar Idza.

Melalui FGD, kata Idza, terserap masukan, ide, kritik, dan pencerahan yang disampaikan oleh narasumber dan peserta.

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi Kabupaten Brebes sebesar 7 persen.

AYO BACA : Brebes Kerahkan ASN Sukseskan Sensus Online 2020

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar