Pabrik Sepatu asal Taiwan Berdiri di Brebes, Serap 15 Ribu Tenaga Kerja

  Kamis, 06 Februari 2020   Dwi Ariadi
Peletakan batu pertama pabrik sepatu dilakukan oleh Bupati Brebes Idza priyanti di area pabrik di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Brebes, Kamis (6/2/2020).

BREBES, AYOTEGAL.COM- Seiring ditetapkannya Brebes sebagai Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB), satu lagi berdiri pabrik sepatu PT Tah Sung Hung (PSH).

Perusahaan berorientasi ekspor itu bakal mampu menyerap tenaga kerja 15 ribu orang dengan nilai investasi mencapai Rp400 miliar.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Brebes Idza priyanti di area pabrik di Desa Jagapura, Kecamatan Kersana, Brebes, Kamis (6/2/2020).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, di Kabupaten Brebes telah disiapkan lahan untuk KIB seluas 3.976 hektare dan untuk KPIB seluas 5.070 hektare. 
\nPembangunan kawasan industri mengaplikasikan konsep Eco-Industrial Park (EIP) yang merupakan sekumpulan industri yang berlokasi pada suatu tempat. 

AYO BACA : Jelang Pensiun, 3 Personel Polres Pemalang Naik Pangkat

Para pelaku di dalamnya secara bersama-sama meningkatkan performa lingkungan, ekonomi dan sosialnya dengan melibatkan masyarakat disekitarnya.

Dengan demikian lebih mengefisienkan pemanfaatan sumber daya informasi, material, energi, infrastruktur, air dan habitat alam lainnya.

“Tentunya, dengan dibangunnya pabrik ini merupakan bagian dari satu ikhtiar besar kita bersama untuk ikut menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, peningkatan pertumbuhan ekonomi Brebes,” ucap Idza.

Idza meyakini, pihak perusahaan dapat menjalin kerja sama dengan kelompok masyarakat sekitar. Sehingga antara masyarakat dan perusahaan terjalin hubungan yang saling menguntungkan, simbiosis mutualisme.

AYO BACA : Kick-Off Liga 2 Bakal Digelar 13 Maret 2020

General Manager PT TSH Mr Toni Wang dalam sambutannya didampingi Manager Mr Fred mewakili seluruh Direksi PT TSH yang juga komisaris Utama Mr Cen Wong Xi, menyampaikan selamat datang pada seluruh hadirin dalam acara peletakan batu pertama PT TSH.

“Kami sangat terbantu, terutama dalam proses pembuatan perizinan yang diperlukan dan seluruh warga masyarakat Kersana juga telah mendukung dalam pembangunan pabrik ini,” ujar Wang dalam bahasa Mandarin yang diterjemahkan Mr Fred.

Wang menerangkan, bahwa perusahaannya berasal dari Taiwan yang memproduksi sebuah alas kaki (sepatu) olahraga. Wang berharap, dengan akan dibangunnya pabrik bisa memberikan berkontribusi kepada Kabupaten Brebes, serta dapat membuka lapangan kerja bagi warga Kecamatan Kersana dan di luar Kersana.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Drs Ratim dalam laporannya menjelaskan, PT TSH adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi sepatu olahraga yang berorientasi pada ekspor.

PT TSH diperkirakan akan menginvestasikan sebesar Rp400 miliar dan tenaga kerja yang akan dibutuhkan mencapai 15 ribu orang.

Ratim mengatakan, terkait dengan masalah penanaman modal asing di Kabupaten Brebes saat ini menempati urutan ke empat se-Jawa Tengah. Diharapkan ke depan akan lebih banyak lagi para investor hadir di Kabupaten Brebes karena Perda RTRW nomor 13 tahun 2019 telah ditetapkan. Initial Ceremony PT TSH juga dibarengi dengan pemberian paket sembako kepada warga masyarakat yang kurang mampu, sebagai bentuk kepedulian social.

Turut hadir kesempatan tersebut antara lain, Kompol H Warsidin MH, Ketua Kadin Brebes Indra Kusuma, para Kepala OPD, perbankan, jajaran Forkopimcam Kersana, Kepala Sekolah dan para siswa SMK serta para tokoh agama dan masyarakat Desa Jagapura Kecamatan Kersana.

AYO BACA : Brebes Kerahkan ASN Sukseskan Sensus Online 2020

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar