Disambut Antusias, Pemohon Ikuti Tes Psikologi Bikin SIM di Polres Tegal

  Senin, 09 Maret 2020   Dwi Ariadi
Pemohon SIM mengikuti tes psikologi di Polres Tegal (Ayotegal.com/Dwi Ariadi)

SLAWI, AYOTEGAL.COM -- Mengawali penerbitan surat izin mengemudi (SIM) dengan syarat bagi pemohon mengikuti tes psikologi telah dilaksanakan Satlantas Polres Tegal, Senin (9/3/2020). Meski tergolong aturan baru, namun bagi pemohon pelayanan SIM tidak terlalu sulit.

Di ruangan yang telah dipersiapkan, menurut Baur SIM Satlantas Polres Tegal Aiptu Triono, pelaksanaan tes psikologi sebagai syarat kesehatan rohani berlangsung dengan lancar. 

''Bagi pemohon yang akan mengikuti tes psikologi langsung masuk ke ruangan yang telah disiapkan dengan kapasitas 64 orang,''kata Aiptu Triono.

Dari pelaksanaan hari pertama, lanjut dia, rata-rata tidak menemui kendala atau kesulitan. 

"Sebagian besar memenuhi syarat dan dinyatakan tidak mengulang oleh tim penguji,''jelasnya.

Adapun salah satu penguji, Engga Mahesta mengungkapkan, dari pelaksanaan tes hari pertama berlangsung lancar dan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan untuk materi pengujian. 

''Mereka yang mengikuti ujian rata-rata menyelesaikan waktu antara 5-7 menit,''jelasnya.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Tegal AKP Faris Budiman mengatakan, ketentuan tersebut diberlakukan secara serentak di wilayah Polda Jateng. Permohonan SIM wajib menyertakan syarat kesehatan rohani dengan mengikuti tes psikologi.

Adapun untuk penguji tes psikologinya, lanjut Kasatlantas, pihaknya sudah menunjuk pihak ketiga, yakni Edisantoso Konsultan Psikologi.

 "Materinya ada enam komponen kesehatan rohani, yakni penyesuaian diri, stabilitas emosi, konsentrasi, kecermatan, penyesuaian diri dan ketahanan kerja sesuai dengan ketentuan pada Peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2012 tentang SIM pasal 36." ujarnya. (Dwi Ariadi)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar