Satu Warganya Positif Covid-19, Dedy Yon Nyatakan Kota Tegal Darurat Korona

  Kamis, 26 Maret 2020   Lilisnawati
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat konferensi pers, Rabu (25/3/2020). (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menyatakan, Kota Tegal sudah dalam kondisi darurat penyebaran Covid-19.

Sebab, seorang warga Kota Tegal yang tengah diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

"Kalau sudah ada yang positif, ini sudah kondisi darurat dan perlu penanganan yang serius. Bukan untuk main-main," tegasnya saat menggelar konferensi pers di Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu (25/3/2020).

Menanggapi itu, Pemerintah Kota Tegal pun akan mengambil kebijakan dengan menutup seluruh akses masuk ke Kota Tegal. Terkecuali jalan nasional dan jalan provinsi.

"Besok kita akan lakukan full local lockdown. Kita akan tutup jalan-jalan dengan beton pembatas jalan, bukan lagi dengan water barrier," ujarnya.

Ia mengatakan, penutupan akses jalan akan dimulai pada 30 Maret 2020 sampai 30 Juli 2020.

Dirinya juga telah menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah dan dinas terkait untuk dapat membantu masyarakat Kota Tegal yang kurang mampu.

"Karena ini sudah tugas kita. Saya pribadi rencannya akan mengajak seluruh pejabat di Kota Tegal menggalang dana untuk membantu masyarakat yang kurang mampu," ucapnya.

Menurutnya, kebijakan yang diambil merupakan upaya pemerintah untuk memberikan keamanan kepada masyarakat Kota Tegal.

Dirinya pun menyatakan siap dibenci masyarakat daripada masyarakat Kota Tegal harus menjadi korban Covid-19.

"Ini demi keamanan bersama. Masyarakat harus memahami. Ini adalah pilihan yang sangat pahit. Saya pribadi dilematis. Bahkan jika saya disuruh memilih, lebih baik saya dibenci dari pada maut menjemput mereka," ungkapnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar